Komitmen Pos Indonesia Dukung Percepatan Ekonomi dengan Memperkuat Digital Hub dan Entrepreneurship

Green Tech Safari 2
Sumber :
  • Istimewa

VIVA JabarPos Indonesia terus berkomitmen mendukung percepatan ekonomi melalui pengembangan digital hub dan digital entrepreneurship di Indonesia. Transformasi digital telah dilakukan Pos Indonesia dalam menyokong kemudahan bagi terbentuknya ekosistem ekonomi digital yang lebih baik. 

Upaya Pemkab Purwakarta Tingkatkan Pelayanan Publik Berbasis Aplikasi

Hal itu disampaikan Direktur Bisnis Kurir & Logistik PT Pos Indonesia Siti Choiriana atau Ana, saat menjadi pembicara pada acara pembukaan Green Tech Safari 2 yang digelar Kementerian PPN/Bappenas dan GIZ GmbH Jerman di Surabaya, Kamis, 2 Maret 2023.

Menurut Ana, Pos Indonesia telah melakukan transformasi bisnis berbasis digitalisasi sejak beberapa tahun lalu. Transformasi digital dilakukan sebagai sebuah keniscayaan merespons perkembangan zaman revolusi industri 4.0. Di mana hampir semua aktivitas masyarakat mengandalkan teknologi digital sebagai basis utamanya. 

356 Siswa SMK Telkom Makassar Ikuti Pelatihan Awareness Literasi Digital

Transformasi digital dilakukan Pos Indonesia pada layanan kurir dan logistik, melalui aplikasi PosAja!. PosAja! adalah layanan kurir berbasis platform fully digital. Aplikasi ini memberikan kemudahan bagi masyarakat melakukan pengiriman barang tanpa keluar rumah tetapi cukup dari handphone. Proses pick up hingga hingga drop dilakukan oleh ribuan O-Ranger yang telah terhubung secara online. 

"PosAja! telah menjadi platform digital kurir yang telah memudahkan banyak masyarakat dan pelaku usaha di Indonesia dalam mengembangkan bisnisnya. PosAja! telah di download lebih dari 452 ribu pengguna dengan rating 4.4 atau tertinggi dibandingkan digital service ekspedisi lainnya," jelas Ana. 

BPKH Limited Gandeng Pos Indonesia Garap Ekosistem Haji dan Umrah

PosAja! telah mengkoneksikan jutaan  pengguna dengan jaringan pengiriman  42.819 drop points, 12.995 Agen Pos, 4.500 Kantor Pos, dan ribuan O-Ranger di seluruh Indonesia. Pos Indonesia juga memiliki jaringan internasional ke 228 negara di dunia, karena posisi Pos Indonesia sebagai anggota UPU. Jaringan UPU memiliki benefit tarif lebih murah dalam melakukan pengiriman internasional. 

"Kami juga memiliki STORI, sebuah layanan pemenuhan pesanan (fulfilment),  mulai dari inbound, storing, quality control, packing, labeling, hingga outbound delivery berbasis digital bagi UMKM (usaha mikro kecil dan menengah). STORI telah hadir di 152 titik untuk mempermudah bisnis UMKM," imbuh dia. 

Halaman Selanjutnya
img_title