Anwar Abbas Curiga Panji Gumilang Punya Bekingan Orang Kuat dari Dalam dan Luar Negri

Panji Gumilang
Sumber :
  • Screenshot berita VivaNews

VIVA Jabar – Wakil Ketua Umum (MUI), Anwar Abbas menduga Pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Al Zaytun, yaitu Panji Gumilang memiliki bekingan di dalam maupun di luar negeri. Anwar menduga hal tersebut lantaran Panji Gumilang dianggap masih berkeliaran dan bebas melontarkan pernyataan kontroversialnya. 

Panji Gumilang Divonis Satu Tahun Penjara Terkait Kasus Penistaan Agama

Anwar menilai pemerintah dan aparat penegak hukum dianggap seakan melakukan pembiaran terhadap tindakan Panji.

"Kecurigaan bahwa yang bersangkutan bisa dan patut diduga punya bekingan orang kuat tidak hanya dari dalam negeri tapi juga dari luar negeri," ujar Anwar Abbas dalam keterangannya, Jumat, 21 Juli 2023.

MUI Larang Umat Islam Gunakan Produk Israel saat Ramadhan 2024

"Oleh karena itu adalah wajar timbul pertanyaan dalam hati apakah pemerintah takut untuk menyentuh yang bersangkutan?" sambungnya.

Dugaan itu semakin kuat ketika Panji Gumilang memamerkan pendukungnya pada acara peringatan 1 Suro yang digelar di Al Zaytun. "Bahkan tidak hanya itu, dia tampak dengan sombong dan pongahnya memperlihatkan kepada orang bahwa dia banyak pendukungnya yang diperlihatkan dalam kesempatan 1 Muharram kemarin," ucap Anwar Abbas.

Ponpes Al Hanifiyyah Tempat Santri Tewas Usai Dianiaya Tidak Berizin

Lantas, Anwar pun mempertanyakan independensi pemerintah dan Aparat Penegak Hukum apabila tak mampu menyentuh Panji Gumilang. Anwar menegaskan, apabila pihak yang berwenang tak mampu menindak tegas Panji, maka rakyat akan bertindak.

"Jika para penegak hukum disinyalir tidak lagi mampu menegakkan hukum yang menjadi tugasnya maka patut dan bisa diduga pemerintah dan para penegak hukum sudah kehilangan kemandiriannya. Rakyatlah yang akan berbicara dengan mempergunakan bahasa dan caranya sendiri," tuturnya.