Dinilai Sesat, Menag Malaysia Minta Seluruh Santri di Al Zaytun Ditarik Pulang

Pimpinan Ponpes Al-Zaytun Panji Gumilang
Sumber :
  • Kolase tvOne

VIVA Jabar – Ketua Forum Ulama Umat Indonesia (FUUI), KH Athian Ali mengatakan pemerintah Malaysia telah membuat tim investigasi untuk menyelidiki Pondok Pesantren Al Zaytun, Indramayu.

Bos Selangor FC Bantah Faisal Halim Bakal Pensiun Dini Usai Disiram Air Keras

“Sewaktu kita mengeluarkan fatwa tentang Al Zaytun, Menteri Agama (Menag) Malaysia dengan cepat menanggapi,” ujar Ali seperti dikutip dari Youtube VIVA.co.id, Selasa 25 Juli 2023

Dia menyebut, tim investigasi Malaysia saat itu melakukan penelitian selama 6 bulan di Al Zaytun. Setelahnya, mereka mendapatkan kesimpulan bahwa Al Zaytun mengajarkan paham sesat.

Presiden FAM Sebut Ada yang Memiliki Niat Jahat Kepada Timnas Malaysia

Usai diketahui adanya penyimpangan yang diajarkan dalam Pesantren Al Zaytun, Kementerian Agama Malaysia langsung mengambil langkah tegas dengan menarik pulang seluruh santri yang berasal dari negara mereka.

“Semua anak santri yang berasal dari Malaysia harus ditarik, kalau mereka tidak mau ditarik, mereka tidak akan bisa kembali ke Malaysia,” jelas Ali.

FA Malaysia Akui Tak Bisa Seperti Indonesia untuk Naturalisasi Pemain Timnas

Ali menyayangkan respons cepat seperti yang dilakukan pemerintah Malaysia tidak dilakukan juga oleh pemerintah Indonesia.

Bahkan dia juga sedikit menyinggung soal pernyataan Menteri Agama saat itu Suryadharma Ali yang malah memuji bangunan megah di Al Zaytun.

Halaman Selanjutnya
img_title