Dianggap Tak Merakyat, Madura Communicate Minta Mahkamah Kehormatan Dewan Evaluasi Willy Aditya

Willy Aditya
Sumber :
  • Berbagai Sumber

VIVA Jabar – Salah satu anggota DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, yakni Willy Aditya kini mendapat sorotan publik khususnya dari masyarakat di Daerah Pemilihan (Dapil) nya.

Terpilih Jadi Anggota DPR RI, Verrell Bramasta Diminta Kuliah Lagi oleh Venna Melinda

Willy Aditya yang merupakan anggota legislatif dari Dapil Madura ini dianggap tidak merakyat atau tidak pernah turun Dapil. Hal itu disampaikan oleh Direktur Madura Communicate, Haidar Ali M. Menurutnya, Willy Aditya tak pernah terlihat mengunjungi Madura selaku daerah pemilihannya.

"Terus terang kami sedari awal beliau terpilih juga heran, cuma kami menghormati, karena terpilih di pemilu artinya terpilih secara demokratis. Tapi lebih jauh dari itu rakyat juga punya fungsi kontrol sebagaimana anggota legislatif punya fungsi kontrol terhadap eksekutif. Hasil verifikasi dan identifikasi kami, saudara Willy tak pernah sama sekali menyapa masyarakat Madura," ucap Haidar di Surabaya pada Rabu, 26 Juli 23.

Politisi Dedi Mulyadi : Petani Minta Keadilan Mulai dari Harga Gabah Di Atas 800 Ribu

Secara ideal, lanjut Haidar, anggota DPR RI mempunyai tugas dan wewenang untuk mengawal kepentingan dan kebutuhan sesuai daerah pemilihan.

"DPR itu kan ada pembagian atau tingkatannya sebagaimana jika kita bicara hukum ada hierarki-nya. DPRD Kabupaten Kota dan Provinsi itu tugas dan wewenangnya apa saja, pun di tingkat nasional tugasnya apa. Artinya beliau ini harusnya bisa mengakomodir kebutuhan Madura ke tingkat nasional agar lebih didengar," kata Haidar.

Raih Suara Hampir 100 Ribu, Verrell Bramasta Mampu Kalahkan Caleg Incumbent

"Itulah mengapa secara regulatif diatur secara rinci apa saja yang harus dilakukan, apa kebutuhannya, instrumen pendukung dan lain sebagainya. Salah satunya turun dapil, reses atau media serap aspirasi masyarakat bentuk lainnya. Tapi yang paling penting bagaimana wakil rakyat saling kenal dan berdialog langsung dengan rakyatnya. Kami bicara rakyat bukan sekedar konstituen. Tapi gimana jika wakil rakyatnya tak pernah turun dapil sama sekali," imbuh Mahasiswa tingkat akhir Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Malang ini.

Menurutnya, anggota legislatif mempunyai komitmen formil terhadap rakyat dan negara.

Halaman Selanjutnya
img_title