Terjadi Aksi Vandalisme di Gua Hira Bertuliskan 'Depok', Menag Yaqut Akan Evaluasi

Menag RI, Yaqut Chalil Qoumas
Sumber :
  • Viva.co.id

VIVA Jabar Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, berencana untuk menyertakan materi yang melarang tindakan mencoret-coret saat melakukan ibadah haji dalam proses manasik haji. Tindakan ini merupakan evaluasi atas kejadian viral di mana jemaah haji Indonesia melakukan tindakan vandalisme atau mencoret-coret di Gua Hira.

781 Calon Jemaah Haji Asal Purwakarta 2024 Jalani Bimbingan Manasik Haji

"Vandalisme ini sesuatu perbuatan yang menurut saya, di manapun apalagi di tanah suci, apalagi di Gua Hira yang sangat bersejarah itu, tidak patut dan ini catatan kami. Di mana, ke depannya menjadi bagian manasik haji," katanya di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Kamis, 27 Juli 2023.

Materi itu akan memberikan pemahaman kepada para jemaah, kalau tidak boleh melakukan vandalisme dengan corat-coret. Selain itu, adanya catatan lain mengenai tata cara kepada para jemaah mengenai penggunaan toilet di pesawat. 

Pemerintah RI Tetapkan 1 Syawal 1445 H Jatuh pada 10 April 2024

"Banyak catatan atau evaluasi soal pelaksanaan haji tahun ini, selain soal larangan vandalisme, kita akan memasukkan juga materi soal tata cara menggunakan toilet di pesawat," ujarnya. 

Diketahui sebelumnya, vandalisme itu dibagikan oleh Habib Ja`far dalam video dengan durasi 16.54 menit. Di mana, vandalisme yang terjadi di lokasi bersejarah itu sangat disayangkan. Bahkan, dari vandalisme yang ada, terdapat beberapa nama-nama orang Indonesia dan kota Depok.

BPKH Limited Gandeng Pos Indonesia Garap Ekosistem Haji dan Umrah