Problem Warga Saat Sakit, Kang Dedi: RS Rujukan Jauh, Jalannya Rusak!

Kang Dedi Mulyadi bersama pria pencari kayu bakar
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Jabar –  Anggota DPR RI Dedi Mulyadi menilai saat ini keberadaan pelayanan kesehatan di Jawa Barat masih belum memadai. Hampir seluruh pasien rujukan dibawa ke Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) yang berada di Kota Bandung.

Alami Gangguan Pendengaran Akibat Kecelakaan, Carwi Bahagia Utang Kontrakan Dilunasi KDM

Ia mengatakan, kasus ibu tewas di perjalanan saat akan melahirkan di Kabupaten Subang harus menjadi pembelajaran penting agar pemerintah lebih peka untuk mengalokasikan anggaran pada kebutuhan dasar masyarakat.

"Problem di Jawa Barat ini adalah rumah sakit rujukan. Semestinya di setiap eks karesidenan itu ada satu rumah sakit rujukan yang memadai. Karena selama ini kita tahu semuanya dirujuk ke RSHS," kata Kang Dedi Mulyadi.

Modus Sewa Tikar Rp100 Ribu di Subang, Pemalak Wisatawan Minta Maaf

Menurutnya hampir seluruh warga Jabar yang memerlukan tindakan medis lanjutan dirujuk ke RSHS yang berada di pusat Kota Bandung. Sementara banyak masyarakat yang tinggal di daerah Pantura dan Jabar selatan jaraknya sangat jauh.

Belum lagi, kata Kang Dedi, karena semua rujukan tersentral di RSHS maka masyarakat harus ekstra sabar untuk mendapatkan pelayanan medis.

Wisatawan yang Lagi Libur Lebaran ke Bandung Disambut Pie Nastar Ekslusif Gratis

"Kalau semua tersentral di RSHS kemudian menggunakan BPJS memang dilayani tapi antreannya panjang. Itu operasi saja bisa antre sampai 3 bulan. Bukan tidak dilayani tapi memang jumlah pasien yang banyak," katanya.

Ia meminta ke depan anggaran daerah di semua tingkatan difokuskan pada hal yang lebih penting seperti pelayanan kesehatan masyarakat seperti membangun atau meningkatkan kualitas untuk rumah sakit rujukan.

Halaman Selanjutnya
img_title