Subhanallah, Ini Keutamaan Surat Alfatihah dalam Alquran

Ustadz Adi Hidayat (UAH)
Sumber :
  • Screenshot berita VivaNews

VIVA Jabar - Surat Alfatihah adalah salah satu surat dalam Alquran yang sangat populer. Surat yang dijuluki Ummul Quran (Induk Alquran) ini terdiri dari tujuh ayat, dalam salat fardu surat yang diturunkan di Mekah ini menjadi bacaan wajib di awal rakaat.

Amalan Doa Pembuka Pintu Rezeki Menurut Ustaz Adi Hidayat, Kunci Berlimpahnya Berkah

Alfatihah bukan surat pertama yang diturunkan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW. Namun, dalam Alquran surat ini diletakkan paling awal, yang bermakna sebagai gerbang (Pembuka) atas ilmu-ilmu yang terkandung dalam Alquran.

Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Abu Ubaidah, disebutkan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda “Barangsiapa yang membaca surat Alfatihah, maka seolah ia membaca kitab Taurat, Injil, Zabur, dan Al Furqon (sebutan lain Alquran).”

Ada Sejak Zaman Rasulullah, Ini Keutamaan Tadarus yang Jadi Tradisi di Bulan Ramadan

Ustadz Adi Hidayat (UAH)

Photo :
  • Screenshot berita VivaNews

Selain itu, menurut hadis yang diriwayatkan Abu Nu’aim dan Ad-Dailami dari Abu Darda’ bahwa dia pernah mendengar Rasulullah SAW bersabda “Surat Alfatihah itu cukup yang tidak ada satu surat pun di dalam Alquran yang dapat menandinginya. Jikalau Surat Alfatihah diletakkan pada salah satu sisi timbangan dan Alquran pada sisi lainnya, maka pastilah Alfatihah lebih berat tujuh kali lipat dari Alquran.”

Ustaz Adi Hidayat Jelaskan Hukum Menyikat Gigi Saat Berpuasa Ramadhan, Batal atau Tidak?

Sebab sederet keutamaan Alfatihah di atas, ulama kenamaan Ustaz Adi Hidayat menganjurkan kepada umat Muslim yang baru memiliki anak keturunan, untuk mengajarkan surat Alfatihah secara langsung kepada anak hingga hafal.

“Saya titip pesan, dan saya sangat serius untuk menyampaikan ini, kalau Allah menganugerahkan titipan anak, baik terlahir dari rahim anda yang perempuan ataupun Allah titipkan lewat sisi yang lain, demi Allah saya katakan kalau mau ngajarin (anak itu) ngaji, tolong Alfatihah-nya Anda sendiri yang ajarkan,” ujar Adi Hidayat dikutip dari TikTok @belajarparenting5 Senin, 7 Agustus 2023. 

Halaman Selanjutnya
img_title