Wushu di SEA Games 2023 Mengulang Juara Umum Pada Dua Belas Tahun Silam

Atlet Wushu Indonesia, Edgar Xavier Marvelo di SEA Games 2023
Sumber :
  • Viva.co.id

VIVA Jabar - Sejumlah kontingen Wushu Indonesia mengemas medali di laga SEA Games 2023 Kamboja. Mereka tersebar di beberapa partai final pada Jum'at (12/5/2023) kemarin.

Indra Sjafri Tanggapi Kritik Pedas Coach Justin Terkait Level Timnas Indonesia

Pundi-pundi medali terdiri dari 6 keping emas, 6 keping perak dan 2 perunggu. Perolehan ini menjadikan Indonesia sebagai Juara Umum di cabang Wushu pada SEA Games ke-32 di Kamboja.

Medali emas diantaranya berhasil didapatkan lewat Edgar Xavier Marvelo di nomor Taolu, Changquan Putra dengan catatan tertinggi 9,73 poin.

Bayer Leverkusen Selangkah Lagi Raih Gelar Juara Bundesliga

Tren mendapuk medali emas semakin naik ketika Tharisa Dea Florentina (Putri 52 kg) turut mengemas medali emas di nomor Sanda dan dilanjut oleh Rosa Beatrice Malau (Putri 45 kg) serta Bintang Reindra Nada Guitara (Putra 56 kg). 

Sementara 6 medali perak, diantaranya dikoleksi melalui Eugenia Diva Widodo di nomor Changquan Putri, Haris Horatius di nomor gabungan Nandao dan Nangun Putra serta Samuel Marbun di nomor Sanda Putra 65 kg.

Ini 3 Pemain yang Dipredikasi Jadi Pilar Penting Timnas Indonesia di Piala Asia U-23

Perolehan medali di cabor Wushu yang ditorehkan Edgar dan kawan-kawan pada SEA Games 2023 ini mengulang kesuksesan yang pernah diukir pada 12 tahun lalu, yakni di SEA Games 2011 Jakarta-Palembang. Wushu Indonesia menjadi Juara Umum dengan medali 8 emas, 3 perak dan 3 perunggu.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PB Wushu Indonesia, Ngatino mengemukakan, program pelatihan dan pembinaan dari semua pihak, mulai dari atlet itu sendiri, pelatih dan pengurus, merupakan modal dan bekal untuk mencapai prestasi.

Halaman Selanjutnya
img_title