Dari 32 Cabor, Indonesia Juara Umum di 8 Cabor SEA Games 2023 Kamboja

Penutupan SEA Games 2023 Kamboja
Sumber :
  • Viva.co.id

VIVA Jabar - Tak hanya fakta mengerikan yang didapat dari raihan medali emas di Laga SEA Games 2023 Kamboja. Namun, dari 32 Cabang Olahraga (Cabor), Indonesia berhasil memuncaki 8 Cabor sebagai Juara Umum dibanding 10 negara lainnya.

Sosok Ernando Ari, Kiper Timnas Indonesia U-23 yang Bikin Australia Frustasi

Seperti diketahui, di posisi ketiga Klasemen Akhir, Indonesia meraih 87 emas, 80 perak, dan 109 perunggu. Posisi pertama tetap diraih Vietnam dengan 136 emas, 105 perak, dan 114 perunggu sementara posisi kedua Thailand dengan 108 emas, 96 perak, dan 108 perunggu.

Meski berada di peringkat ketiga, perolehan medali Indonesia jauh melebihi target.  Sebelumnya, Presiden Indonesia, Joko Widodo membebankan 69 medali untuk atlet Timnas di SEA Games 2023. Target tersebut tercapai bahkan melebihi yang ditargetkan Presiden.

Skenario Timnas Indonesia U-23 Bisa Lolos Perempat Final Piala Asia U-23

Selain melampaui target, terdapat sejumlah fakta mengerikan yang ditorehkan atlet-atlet Indonesia. 

Fakta paling mengejutkan adalah keberhasilan Timnas Indonesia U-22 meraih medali emas sepakbola putra. Indonesia juara usai menang 5-2 atas Thailand. Ini menjadi emas pertama Indonesia di sepakbola SEA Games dalam kurun 32 tahun. Terakhir kali Indonesia bisa emas di sepakbola SEA Games Manila, tahun 1991.

Begini Kata Shin Tae-yong Usai Ernando Ari Gagalkan Penalti Australia

Kemudian, ada juga prestasi dahsyat tim bola basket putri Indonesia. Dyah Lestari dan kawan-kawan sukses merebut medali emas untuk pertama kalinya dalam sejarah ikut di ajang SEA Games. 

Prestasi serupa yang dijumpai Timnas basket putri, yakni cabang olahraga Hoki Indoor putra dan kriket putri kategori 6s. 

Halaman Selanjutnya
img_title