Kongres KOI Berlangsung, Ini Pesan Presiden Lewat Menpora RI

Menpora RI, Dito Ariotedjo Wakili Presiden Membuka Kongres KOI
Sumber :
  • Screenshot berita VivaNews

VIVA Jabar - Kongres Komite Olimpiade Indonesia (KOI) secara resmi telah berlangsung. Kongres dibuka langsung oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Dito Ariotedjo di Ballroom Hotel Fairmont, Jakarta pada Jum'at (30/6/2023) kemarin.

Menpora Siapkan 'Hadiah' untuk PSSI Jika Timnas Indonesia U-23 Tembus Olimpiade Paris 2024

Dalam pembukaan Kongres KOI, Menpora Dito membacakan sambutan Presiden Republik Indonesia seraya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Ketua Umum dan Komite Eksekutif yang telah bekerja keras selama ini dalam berbagai upaya yang dilakukan.  

"Upaya-upaya ini telah memastikan partisipasi para atlet Indonesia dalam multi event olahraga, seperti Sea Games Kuala Lumpur 2019, Olimpiade Tokyo 2020 yang diundur hingga 2021, Sea Games 2021 Vietnam yang mundur ke 2022, dan Sea Games Kamboja 2023," kata Menpora Dito. 

Jabatan Kepala Desa Jadi 8 Tahun dan Bisa Dipilih 2 Kali

Saat membacakan Sambutan Presiden, Menpora Dito menuturkan, seperti yang diketahui, tiga tahun belakangan, saat Pandemi Covid yang belum lama ini dinyatakan berakhir oleh Presiden, Dunia olahraga mengalami tantangan yang amat berat, terutama dalam hubungannya dengan kompetisi-kompetisi di level internasional yang sempat sangat terbatas ruang gerak perjalanannya. 

Meski demikian, kata Dia, hal itu tidak serta merta mempengaruhi prestasi para atlet Indonesia. Terbukti, perolehan hasil Sea Games 2022 dan 2023 dan juga Asean Para Games pada tahun yang sama, menumbuhkan optimisme dan tren positif dunia Olahraga Indonesia. 

Berpotensi Boyong Cristiano Ronaldo ke Indonesia, Menpora Temui CEO Al Nassr

Selain itu, tambah Menpora, KOI juga telah berhasil menjaga diplomasi olahraga Indonesia di level internasional, salah satunya dengan mempercepat selesainya sanksi WADA (World Anti-Doping Agency).  

"Dengan adanya Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan, Komite Olimpiade Indonesia memiliki peran yang penting dalam membantu Pemerintah Pusat untuk mempersiapkan para atlet yang akan berkompetisi dalam multi event olahraga internasional sesuai rekomendasi Komite Olahraga Nasional Indonesia. Serta terus meningkatkan peran aktif dan partisipasi Indonesia dalam bidang Olahraga di kawasan maupun dunia," ujarnya. 

Halaman Selanjutnya
img_title