Akhirnya, Presiden RI Tanggapi Soal Timnas Israel di Piala Dunia U-20

Presiden Jokowi di peringatan Hari Pers Nasional 2023
Sumber :
  • VIVA.co.id

Jabar – Presiden Republik Indonesia akhirnya menanggapi soal hiruk pikuk rencana kedatangan Timnas Israel yang akan berlaga di Piala Dunia U-20 di tanah air.

PSSI Lobi SC Heerenveen Lewat Jalur Tak Normal Agar Nathan Kembali ke Timnas Indonesia U-23

Mencuatnya penolakan atas kedatangan Timnas Israel U-20 ke Indonesia membuat berbagai kalangan meragukan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 dimana perhelatan akbar Itu akan digelar pada Mei 2023 mendatang.

Beberapa daerah telah menyatakan sikap terkait keikutpesertaan Timnas Israel U-20. Hal itu, membuat FIFA membatalkan drawing Piala Dunia U-20 yang semula dijadwalkan pada 31 Maret 2023 di Bali.

PSSI Upayakan Nathan Tjoe-A-On Gabung Lagi Bersama Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia

Imbas dari pembatalan drawing tersebut, muncul isu bahwa status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 telah dibatalkan. Sehingga beberapa negara seperti Peru, Qatar dan Argentina siap menjadi pengganti Indonesia sebagai tuan rumah.

Kini, Jokowi buka suara terkait polemik itu. Dia menegaskan, pemerintah Indonesia tetap menegaskan prinsip mendukung kemerdekaan Palestina.

Shin Tae-yong Ogah Banyak Bicara Sebelum Laga Timnas Indonesia U-23 vs Korea Selatan Selesai

"Pertama ini prinsip negara kita Indonesua yang selalau konsisten dan teguh dalam meperjuangkan kemerdekaan bangsa Palestina. Ini sesuai dengan konstitusi," kata Jokowi.

Kendati demikian, soal kepesertaan israel pada Piala Dunia U-20 bukan sama sekali wewenang Indonesia. Dengan begitu, kepala negara menegaskan agar semua pihak tidak mencampur adukkan masalah olahraga dengan politik.

Halaman Selanjutnya
img_title