Singgung Banyak Pemain Naturalisasi di Timnas Indonesia, Pelatih Asal Belanda: Abaikan Talenta Lokal

Timnas Indonesia Nyanyikan Lagu Kebangsaan
Sumber :
  • AP Photo/Aijaz Rahi

VIVA Jabar – Pelatih Dewa United, Jan Olde Riekerink mengomentari geliat proses naturalisasi yang dilakukan oleh Timnas Indonesia.

Menpora Siapkan 'Hadiah' untuk PSSI Jika Timnas Indonesia U-23 Tembus Olimpiade Paris 2024

Pelatih berkebangsaan Belanda itu menyebut jika Timnas Indonesia terlalu meremehkan diri sendiri karena banyak pemain lokal yang sejatinya memiliki talenta tersembunyi.

"Sekarang mereka (timnas Indonesia) ambil semuanya dari Belanda (pemain keturunan), tapi jangan lupa edukasi pemain sendiri(lokal)," kata Jan Olde Riekerink dikutip dari VIVA, Minggu, 17 Maret 2024.

Selangkah Lagi Elkan Baggott Bakal Bermain di Premier League

"Karena bagi saya Ricky Kambuaya adalah contoh, dia subjek yang saya suka dan dia mau belajar. Kalo kamu belajar hal-hal basic, kamu akan jadi pemain yang sangat bagus," ucapnya.

Riekering mengakui bahwa dirinya mengikuti perkembangan Timnas Indonesia. Sebenarnya, menurut dia Indonesia memiliki pemain lokal yang tak kalah bagus.

Begini Prediksi Bung Towel untuk Laga Timnas Indonesia U-23 vs Irak

"Saya rasa di Indonesia punya pemain-pemain yang teknikal sekali tetapi saat saya lihat pemain di timnas bermain mereka sedikit lebih bertahan," kata pelatih asal Belanda itu.

"Sangat penting bagi Indonesia untuk membuat identitas sendiri lalu selanjutnya harus berinvestasi di struktur dasar dan youth education. Saya pikir ini adalah tantangan terbesar di sepak bola Indonesia," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
img_title