Musim Depan, Liga 1 Pakai Wasit dari Jepang dan Inggris

Liga 1
Sumber :
  • Goal.com

VIVA Jabar – Federasi sepakbola Tanah Air, PSSI menggelar rapat Komite Eksekutif (Exco). Salah satu keputusannya adalah penetapan jadwal Kongres Tahunan dan penggunaan wasit Liga 1 dari mancanegara di musim depan.

Bojan Hodak Ungkap Kesalahan Persib Usai Kebobolan Lawan Borneo FC

PSSI menggelar rapat Exco pada Rabu, 3 April 2023. Rapat tersebut membahas pengaturan jadwal kompetisi yang disesuaikan dengan program Timnas Indonesia.

Tak hanya itu, rapat juga membahas terkait percepatan Transformasi wasit Indonesia dengan menghadirkan Wakil Komisi Wasit Yoshimi Ogawa.

Indonesia U-23 Melaju ke Semi Final Piala Asia U-23, Erick Thohir Buka Suara: Bangga

Ketum PSSI Erick Thohir menyampaikan bahwa nanti akan ada digitalisasi perwasitan. Hal ini dianggap perlu untuk menunjang mutu sepakbola Tanah Air.

"Seluruh wasit masuk ke dalam suatu sistem dari Inggris, semua kejadian atau keputusan yang diambil wasit semua tersimpan dalam sistem tersebut. Jadi wasit dapat belajar dari kejadian tersebut," kata Erick Thohir dalam keterangannya.

Erick Thohir Kaget Timnas Indonesia Lolos Semifinal Piala Asia U-23

"Kalau ada klub yang merasa dirugikan dengan keputusan wasit, selain klub dapat melaporkan kejadian dan meminta challenge juga nanti akan kelihatan kinerja wasit dan sistem tersebut," ujarnya menambahkan.

Sementara mengenai penggunaan wasit dari mancanegara yakni dari Inggris dan Jepang bisa diterapkan pada Liga 1 musim depan.

Halaman Selanjutnya
img_title