Sah Pindah Federasi, Calvin verdonk Siap Tampil Lawan Irak

Calvin Verdonk
Sumber :
  • Ofisial NEC Nijmegen

VIVA Jabar –  Ketua Umum PSSI, Erick Thohir menyampaikan jika pemain keturunan Timnas yang baru, Calvin Verdonk sudah resmi pindah federasi.

Erick Thohir Siap Berantas Agen Pemain Nakal

FIFA dilaporkan telah menyetujui kepindahan Calvin Verdonk dari federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) ke PSSI.

Erick pun memastikan Verdonk bisa tampil membela Timnas Indonesia ketika berhadapan melawan Timnas Filipina pada lanjutan babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 mendatang disesuaikan dengan sang pelatih strategi, Shin Tae-yong. Adapun pertandingan itu digelar pada Selasa 11 Juni 2024 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Coach Justin Sebut Peluang Timnas Indonesia Lolos Piala Dunia 2026 Hanya 30 Persen

“Sejak kemarin banyak pihak di dalam negeri telah membantu prosedur Calvin Verdonk untuk segera memperkuat sepakbola Indonesia, terutama pertandingan penting bagi langkah Indonesia menuju Piala Dunia 2026,” papar Erick dalam rilis yang diterima Rabu 6 Juni 2024.

“Saya apresiasi proses persetujuan yang dilakukan FIFA, yang secara langsung ikut mendukung agar sepakbola kita maju. Meski keputusan pemain yang akan bermain ada di tangan pelatih, tapi saya pastikan Verdonk sudah siap bertanding saat melawan Filipina,” lanjutnya.

Erick Thohir Persilahkan Shin Tae-yong Tinggalkan Timnas Indonesia

sama diketahui, sebelumnya Verdonk telah resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) usai disumpah pada Selasa 4 Juni 2024. Namun untuk bisa bermain dengan Timnas Indonesia, pria keturunan Aceh ini perlu mendapat persetujuan pindah federasi dari FIFA. Mengingat Verdonk sebelumnya pernah membela Timnas Belanda kelompok umur. 

Namun proses perpindahan federasi Verdonk ternyata berlangsung kilat. Bek 27 tahun itu pun langsung bisa segera mentas di lapangan menggunakan jersey Timnas Indonesia. Sebelumnya dia juga diketahui sempat ikut latihan bersama Skuad Garuda akhir Mei lalu.

Halaman Selanjutnya
img_title