Pelatih Timnas Filipina Puji Cara Indonesia Kembangkan Sepakbola

Pemain Timnas U-16 rayakan gol
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fajar Sodiq (Solo)

VIVA Jabar – Menjelang pertandingan Timnas Filipina U-16 dan Timnas Indonesia U-16 di fase grup Piala AFF U-16 2024, pelatih Filipina, Yuki Matsuda mengungkapkan pihaknya bisa meniru cara Indonesia dalam mengembangkan Sepakbola.

Dalam beberapa waktu terakhir, sepakbola Indonesia memang sedang dalam trend positif. Timnas Indonesia senior melejit ke ke posisi 134 ranking FIFA setelah menorehkan kemenangan demi kemenangan. Hal ini menjadi perkembangan drastis sebab sebelumnya Indonesia berada di posisi 175 ranking FIFA.

Kemudian di kelompok usia, Indonesia menunjukkan prestasi yang juga bagus. Timnas U-23 berhasil finis di posisi keempat Piala Asia U-23 2024. Garuda Muda juga berhasil menyabet emas SEA Games 2023.

Timnas Indonesia U-16 Tumbangkan Singapura, Erick Thohir: Jangan Berpuas Diri

Sementara Timnas Indonesia U-16 merupakan juara bertahan Piala AFF U-16. Ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi dunia sepakbola Indonesia yang berkembang signifikan dari waktu ke waktu.

Hal tersebut diakui oleh Yuki Matsuda. Pelatih asal Jepang tersebut menyadari trend positif Indonesia dalam sepakbola.

Erick Thohir Lihat Progres Timnas Indonesia U-16 di Piala AFF

"Jadi, saya ingin katakan, ini adalah kesempatan besar untuk mengembangkan kultur sepakbola di ASEAN. Dan apa yang dilakukan Indonesia, bisa kita ikuti, begitu juga apa yang bisa dilakukan di Filipina," kata Yuki Matsuda.

Pelatih Timnas Filipina U-16 itu juga mengetahui bahwa masyarakat Tanah Air begitu mencintai sepakbola.

Halaman Selanjutnya
img_title