Sikap PSSI soal Shin Tae-yong Tak Punya Starter Pakem untuk Timnas Indonesia

Timnas Indonesia Senior
Sumber :
  • pssi.org

VIVAJabar – Kekalahan Timnas Indonesia dari China membuat banyak pihak mengkritik pelatih Shin Tae-yong yang tidak punya starter pakem untuk Skuad Garuda. PSSI turut menyikapi hal tersebut.

Bahrain Minta Pindah Venue Pertandingan Lawan Indonesia, Mungkinkah Dikabulkan FIFA?

Komposisi pemain Timnas Indonesia yang diramu Shin Tae-yong dipertanyakan karena berubah-ubah. Usai imbang ditahan Bahrain, rotasi pemain berubah lagi kala melawan China yang berujung kekalahan 2-1. Hal ini menunjukkan bahwa pelatih asal Korea Selatan itu tak punya starter pakem untuk Timnas Indonesia.

Anggota Komite Eksekutif PSSI, Arya Sinulingga

Photo :
  • -
Media Vietnam Sebut Bahrain Penakut Usai Minta Pindah Venue Pertandingan di Luar Indonesia

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga pun buka suara terkait hal tersebut. Menurutnya, komposisi pemain merupakan hak mutlak pelatih. Karenanya, PSSI tidak bisa intervensi.

"Satu hal yang pasti Pak Ketum PSSI Erick Thohir bilang tidak boleh intervensi pelatih. Jadi, kami harus hormati apapun taktik yang diambil, tidak boleh diintervensi," kata Arya di Sekretariat PSSI Pers, GBK Arena pada Rabu, 16 Oktober 2024.

Bahrain Minta Venue Pertandingan Lawan Indonesia Dipindah, PSSI Jamin Keamanan

Kendati demikian, Arya mengungkapkan bahwa PSSI berhak meminta penjelasan pada pelatih terkait strategi atau komposisi pemain sebagai pertanggungjawaban, terlebih saat Timnas Indonesia tidak memenuhi target.

"Setelah diterapkan pelatih, bisa tanya kenapa ambil langkah seperti ini. Pokoknya jangan pernah intervensi pelatih. Siapapun bisa main, tidak ada harus dari a,b, dan c. Siapapun pemain terbaik warga negara Indonesia di timnas itu yang bisa diturunkan pelatih. Silahkan mainkan yang saja mana," ucapnya.

Halaman Selanjutnya
img_title