Menpora Dito Sambut Baik Perpindahan Kewarganegaraan Rafael dan Ivar

Menpora Dito Ariotedjo
Sumber :
  • Viva.co.id

VIVA Jabar - Perpindahan kewarganegaraan 2 pemain sepakbola asal Belanda, Rafael Struick dan Ivar Jenner disambut baik Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo.

PSSI Terus Perjuangkan Maarten Paes di Pengadilan Arbitrase Olahraga

Dito berharap dengan menyandang status WNI, kedua pemain tersebut dapat melakukan naturalisasi ataupun menarik diaspora yang ada di luar negeri untuk memperkuat Indonesia.

"Ke depan kita mendorong untuk naturalisasi maupun menarik pemain diaspora, kita ingin mendorong yang memiliki keturunan,” kata Dito saat acara launching Kompetisi Inovasi Proyek Sosial Generasi Muda 2023 di Kampus Universitas Indonesia (UI), Depok, Selasa (23/5/2023) lalu.

Terganjal Aturan FIFA, Maarten Paes Belum Bisa Merumput Bersama Timnas Indonesia

Dito menyebutkan, masuknya Rafael dan Ivar menambah daftar nama keturunan yang telah bergabung kembali ke tanah leluhur. Sementara, Menpora sedang mengumpulkan data mengenai sejumlah nama yang berprestasi di luar negeri untuk ditarik ke Indonesia. Bahkan Dito meminta satu orang tenaga ahli khusus yang mengurus manifest tersebut.

“Jadi ini sudah ada angkat satu Tenaga ahli Menpora yang fokus di diaspora dan ini sedang mengumpulkan database seluruh potensi cabang olahraga yang memiliki warga keturunan di luar sana yang masih berkiprah di luar sana,” ujarnya.

Sjors Lowis Jadikan Timnas Indonesia Opsi Kedua Jika Gagal Masuk Timnas Belanda

Dikatakan Dito, mereka akan dipanggil kembali ke Tanah Air untuk memperkuat tim nasional di sejumlah cabang olahraga.

"Mereka yang masih berkiprah di sana (luar negeri) agar tertarik dukung timnas di seluruh cabang olahraga,” tukasnya.