Indo Barometer Sebut Pilpres 2024 Kemungkinan Satu Putaran, Ini Pemenangnya

Direktur Eksekutif Indo Barometer, M Qodari
Sumber :
  • viva.co.id

VIVA Jabar – Melalui berbagai teknik survey yang dilakukan, Indo Barometer menyebut bahwa Pilpres 2024 berpotensi satu putaran. Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Eksekutif Indo Barometer, M. Qodari.

Tegaskan Jadi Oposisi, Ganjar Pranowo Ingatkan Hal Ini

M. Qodari mengatakan bahwa survei terakhir yang digelar 25 sampai 31 Oktober 2023 itu menunjukkan pasangan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka mendapatkan suara tertinggi dengan perolehan nilai 34.20%.

Sementara pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD memperoleh 26,2%. Kemudian pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar memperoleh nilai 18,3%. Sedangkan sebanyak 21,3% responden menyatakan belum memilih, belum memutuskan, tidak menjawab atau merahasiakan pilihannya.

Presidential Club, Strategi Prabowo Dalam Menyatukan Mantan Pemimpin Bangsa

Menurut Qodari, dengan mekanisme distribusi normal, jumlah responden yang belum memilih, bisa didistribusikan kepada masing-masing bakal pasangan calon presiden/wakil presiden dengan nilai distribusi tertinggi untuk bakal pasangan calon (paslon) yang elektabilitasnya tertinggi dan distribusi terendah untuk bakal paslon dengan elektabilitas rendah.

"Jadi, responden yang belum memutuskan ini, kami belum tahu larinya ke mana. Distribusi normal tidak membagi suara responden ini secara rata, tetapi yang elektabilitasnya besar dapat besar, sedang dapat sedang, serta kecil dapat kecil," kata  kata M. Qodari dalam diskusi Menimbang Capres/Cawapres Putaran 2 Pilpres 2024 di KAHMI Center, Jakarta, Jumat, 10 November 2023.

Belajar dari Pengalaman, Luhut Sampaikan Pesan untuk Prabowo

Dengan begitu, elektabilitas Prabowo-Gibran dapat mencapai 43,5%, Ganjar-Mahfud 33,3%, dan Anies-Muhaimin 23,2%.

"Jadi, sementara ini, kalau pakai data yang saya punya, ini ada potensi satu putaran," ujar Qodari.

Halaman Selanjutnya
img_title