Ahmad Dhani Jadi Ketua Dewan Pembina, AKS1 Resmi Dideklarasikan

Ahmad Dhani saat deklarasi AKS1
Sumber :
  • intipseleb.com

VIVA Jabar – Asosiasi Komposer Seluruh Indonesia (AKSI) resmi dideklarasikan pada Senin, 3 Juli 2023. Sebagai organisasi berbadan hukum, AKS1 memiliki tujuan untuk mewadahi para pencipta lagu dalam berkarya.

Setia pada Dul Jaelani, Ternyata Ini Tips Tissa Biani Terhindar dari Cinlok dengan Lawan Main

Dengan misi melindungi dan membela hak-hak pencipta lagu, AKSI menunjuk pentolan Dewa 19 yakni Ahmad Dhani sebagai Ketua Dewan Pembina.

Selanjutnya, AKS1 akan melindungi hak-hak pencipta lagu, baik hak moral dan hak ekonomi yang pada akhirnya dapat memberikan keadilan terhadap pencipta lagu di masa depannya.

Gabung di Foto Keluarga Hingga Disebut Calon Mantu oleh Maia Estianty, Tissa Biani Buka Suara

Lahirnya AKS1 dilatarbelakangi oleh hilangnya hak eksklusif para pencipta lagu. Hal itu bermula karena adanya multi tafsir terhadap undang-undang terkait hak cipta yang muncul.

“Undang-Undang Hak Cipta harus dibuat berdasarkan Wisdom dan Common Sense sehinga tidak akan terjadi multi tafsir seperti saat ini. Akan tetapi saya sangat yakin bahwa apa yang kami perjuangkan ini sudah benar dan sesuai jalurnya," kata Ahmad Dhani selaku Ketua Dewan Pembina AKS1 dilansir Intipseleb dari press release pada Senin, 3 Juli 2023.

Ahmad Dhani Lolos ke Senayan, Ini Pesan El Rumi

Selain itu, Satriyo Yudi Wahono atau yang dikenal nama Piyu didapuk sebagai Ketua Umum AKSI. Menurutnya, selama ini para pencipta lagu belum mendapatkan hak-hak yang layak terlebih soal royalti.

"Bahwa selama ini komposer belum mendapatkan hak yang selayaknya terutama dari nilai royalti yang mereka terima. Ini juga akan menjadi poin utama yang akan kami perhatikan dan perjuangkan demi terwujudnya kesejahteraan komposer di masa depan," kata Piyu.

Halaman Selanjutnya
img_title