Kemenparekraf Gaet KitKat Ciptakan Talenta Karya Anak Bangsa

Menparekraf RI, Sandiaga Salahuddin Uno
Sumber :
  • Screenshot berita VivaNews

VIVA Jabar - Pariwisata Indonesia dengan kekayaan alam dan budayanya yang beragam telah lama dikenal sebagai salah satu pendorong utama ekonomi nasional. 

Kolaborasi Spektakuler! Xiaomi 14T Dibekali Lensa Leica Summilux, Fotografi Lebih Tajam dan Detail

Namun, untuk mengoptimalkan potensi tersebut, diperlukan sinergi antara pemerintah, sektor swasta, dan masyarakat.

Salah satu contoh kolaborasi menarik adalah melibatkan industri snack, khususnya cokelat. Kerjasama antara pemerintah dan sektor swasta bisa menghasilkan promosi pariwisata yang lebih efektif.

Junaidi, Mantan Pekerja di Perusahaan Swasta yang Menjelma Menjadi Kepala Bapas Subang

Pemerintah memiliki peran dalam menetapkan kebijakan, infrastruktur, dan fasilitas pariwisata. 

Menparekraf RI, Sandiaga Salahuddin Uno

Photo :
  • Screenshot berita VivaNews
Ratusan UMKM Dominasi Meriahkan Karang Asam Festival 2024

Sementara sektor swasta, termasuk industri snack cokelat, dapat berkontribusi dalam mempromosikan destinasi wisata melalui branding dan pemasaran. 

Industri snack cokelat memiliki jangkauan luas di masyarakat. Menggunakan kemasan produk cokelat sebagai media promosi pariwisata bisa menjadi strategi cerdas. Salah satunya yang digunakan oleh KitKat.

Mereka berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia dengan penyelenggaraan KitKat Breakreasi Design Challenge Vol. 2 #DiIndonesiaAja tahun ini. 

Kompetisi ini menjadi latar belakang kelahiran enam kemasan KitKat® terbaru yang mengusung tema pariwisata seperti desa wisata, acara tradisional, dan aktivitas travelling. Menariknya, semua desain tersebut merupakan karya asli anak bangsa.

Menparekraf RI, Sandiaga Salahuddin Uno di Cirebon tahun 2018

Photo :
  • Pribadi - Istimewa

"Saya berharap kompetisi ini dapat melahirkan talenta dan karya-karya yang mengharumkan negara kita, Indonesia baik nasional maupun internasional," kata Sandiaga Uno.

Tahun ini, kompetisi menarik perhatian yang signifikan dengan peningkatan peserta hingga dua kali lipat dari tahun sebelumnya. 

Sebanyak 602 desain dari seluruh Indonesia diseleksi oleh tim juri yang terdiri dari perwakilan Kemenparekraf RI, KitKat, dan para ilustrator terkenal. Hasilnya, terpilih 6 orang pemenang.

Desain kemasan spesial pariwisata dari KitKat Breakreasi #DiIndonesiaAja ini dijadwalkan untuk diluncurkan pada 15 Agustus 2023 di berbagai minimarket dan toko souvenir selama persediaan masih ada. 

Pemenang utama 1 kategori individu KitKat Berkreasi, Emira Bunga R

Photo :
  • Screenshot berita VivaNews

"Tidak menyangka karya saya terpilih sebagai salah satu pemenang kemasan KitKat edisi khusus pariwisata. Kekayaan budaya Indonesia sungguh menginspirasi dalam menyalurkan hobi desain saya, salah satunya Kampung Minang Nagari Sumpu dari Sumatera Barat," ujar Emira Bunga Ramadhan, Pemenang Utama 1 Kategori Individu.