Ingin Berwisata ke Kawasan Kota Lama Semarang? 'Becik-KU' Becak Listrik Tanpa Sopir Siap Temani Anda

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo Naik 'Becik-KU'
Sumber :
  • Screenshot berita VivaNews

VIVA Jabar - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengenalkan salah satu produk berbasis penggunaan dan optimalisasi energi baru terbarukan (EBT), 'Becik-KU' atau kendaraan listrik dan robotika.

Ribuan Buruh Deklarasi Dukung Dedi Mulyadi Jadi Gubernur Jabar

Becik-KU merupakan kependekkan dari Becak Listrik Kampus Udinus. Becak canggih ini diciptakan mahasiswa dan dosen Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang dengan dukungan pemerintah untuk menjawab optimalisasi penggunaan EBT.

Ganjar memamerkan becak tanpa pengayuh ini dalam opening ceremony Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XVI Jateng di Stadion Joyokusumo, Kabupaten Pati, Jateng, beberapa hari lalu.

Dedi Mulyadi: Saya Sudah Lama Jadi 'Gubernur'

“Pas pembukaan ada becak listrik tanpa sopir yang dikendalikan dengan aplikasi. Jadi dari Udinus saya menyampaikan terima kasih atas inovasi mahasiswa,” kata Ganjar di lokasi.

Bikin Wisatawan Nyaman, Pemkab Purwakarta Imbau Pengelola Berikan Pelayanan Terbaik

Layaknya becak, Becik-KU memiliki tiga roda dan mesin yang ada di belakang. Mesin ditenagai listrik dari aki yang tenaganya dioptimalkan dengan panel surya di bagian atas. Becak dengan kapasitas empat orang ini bekerja secara otonom dan bisa dioperasikan tanpa dikendalikan supir melalui aplikasi. 

Di bagian depan dan bawah becak terdapat kamera yang dapat mendeteksi jalan yang harus dilalui. 

Halaman Selanjutnya
img_title