Destinasi Religi, Menparekraf RI Sandiaga Uno Yakin Pendapatan Borobudur Capai 2 Miliar Dolar

Destinasi Wisata, Kaisar Jepang (Naruhito) Berkunjung ke Borobudur
Sumber :
  • Screenshot berita VivaNews

VIVA Jabar - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pemerintah akan segera melakukan sejumlah pengembangan di kawasan Pariwisata.

Belajar dari Pengalaman, Luhut Sampaikan Pesan untuk Prabowo

Hal itu dikemukakannya usai Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) pengembangan 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) yang digelar di The Plataran Heritage Borobudur Hotel, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang pada Jumat (21/8/2023), bulan lalu.

Salah satunya, menurut Luhut, kawasan Borobudur antara lain melalui penataan kabel yang akan menggunakan metode kabel tanam, pembangunan health tourist destination, penerapan budaya kearifan lokal hingga pelatihan UMKM yang akan digarap lebih serius.

Turis di Bali Kembali Berulah di Malam Hari, Netizen Geram

Luhut memperkirakan, perekonomian Jawa Tengah akan naik hingga 6 persen di tahun 2024 seiring menjamurnya UMKM terlatih yang siap memproduksi souvenir atau merchandise Borobudur dengan lebih bagus dan matang.

Bikin Wisatawan Nyaman, Pemkab Purwakarta Imbau Pengelola Berikan Pelayanan Terbaik

"Itu akan berdampak kepada pertumbuhan ekonomi di Jawa Tengah ini yang akan bisa naik 6 persen atau lebih karena UMKM akan tumbuh. UMKM akan ditraining untuk mereka memberikan UMKM yang berkualitas," ujar Luhut dalam konferensi pers usai Rakornas tersebut.

Diketahui, Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) pengembangan 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) merupakan Rakornas DPSP Semester I 2023 dan dipimpin langsung Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan.

Halaman Selanjutnya
img_title