Pertalite Bakal Dihapus Tahun ini, Bioetanol Berpeluang Jadi Penggantinya

Nozzle Pertamax Green 95 di SPBU
Sumber :
  • Screenshot berita VivaNews

VIVA Jabar – PT Pertamina berencana menghapus Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite tahun ini, wacana tersebut disampaikan oleh Luhut Binsar Pandjaitan dalam acara Jakarta Future Forum : Blue Horizons, Green Growth pada Sabtu (4/5/2024) lalu.

Diwarnai Penyanderaan Truk BBM, KDM Mediasi Demo Warga ke Pertamina Soal Pembebasan Lahan

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi itupun turut memaparkan jenis bahan bakar pengganti Pertalite. Untuk menekan penggunaan bahan baku dari minyak fosil, tidak menutup kemungkinan jika Bioetanol akan menjadi pengganti Pertalite.

Berkaitan dengan bioetanol, Luhut juga menjelaskan jika sari tumbuhan Jagung, Tebu atau bahkan rumput laut bisa digunakan sebagai etanol yang dicampurkan dengan bahan bakar. Sehingga, selain dapat meningkatkan kadar oktan pada bahan bakar, mengganti Pertalite dengan Bioetanol ini juga akan menjadi bahan bakar yang ramah lingkungan.

Belajar dari Pengalaman, Luhut Sampaikan Pesan untuk Prabowo

Dilansir dari tvonenews.com. Pertalite merupakan bahan bakar subsidi bagi masyarakat. Meski demikian, saat Bioetanol ini sudah resmi menggantikan Pertalite, pemerintah akan tetap berusaha menyediakan bahan bakar bersubsidi serta memperbaiki sistem penerimaan BBM agar tepat sasaran.

“Tetap subsidi. Lagi kami hitung,” ucapnya.

Berkah Lebaran, 40 Pengusaha SPBU di Subang Raup Rp30 miliar

Penggantian Bahan Bakar Minyak jenis Pertalite ini sebenarnya telah direncanakan sejak tahun lalu. Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Utama Pertamina Nickie Widyawati saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VII DPR RI.

Saat itu, Nicke Widyawati menjelaskan digantinya Pertalite ini merupakan bentuk penyesuaian terhadap aturan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Halaman Selanjutnya
img_title