Keberhasilan Pokdaris Kembangkan Desa Wisata Taraju Tasikmalaya Diapresiasi Menparekraf RI

Sandiaga Uno
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Jabar – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Uno berkunjung ke Desa Wisata Taraju di Kabupaten Tasikmalaya, Kamis 6 April 2023. Kegiatan tersebut dalam rangka visitasi desa wisata yang masuk 75 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023.

Bikin Wisatawan Nyaman, Pemkab Purwakarta Imbau Pengelola Berikan Pelayanan Terbaik

Di Desa Taraju, Menparekraf mengapresiasi keberhasilan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang telah membuat perubahan serta memaksimalkan berbagai potensi di daerahnya. Hal tersebut dinilai sebagai langkah positif untuk memajukan ekonomi masyarakat desa secara berkelanjutan.

"Saya melihat keseriusan dari Pokdarwis di Desa Wisata Taraju. Saya melihat dari awal antusiasme masyarakat luar biasa," ucap Menparekraf.

Tembus di Angka 40 Ribu Pengunjung, Sariater Masih Jadi Primadona Wisata di Subang

Desa Wisata Taraju memiliki Pokdarwis dan kelembagaan yang aktif menggerakkan warga agar bisa berdaya saing dan produktif di daerahnya. Hal itu dapat dilihat saat mereka memanfaatkan potensi alam untuk membuat banyak daya tarik wisata seperti river tubing, camping area, petik dan pengolahan teh atau kopi, kesenian kuda lumping, kesenian kecapi suling, hingga dungkol serta qosidah.

Menparekraf juga tertarik dengan wisata kreatif limbah industri. Wisatawan diajak melihat langsung proses pengolahan limbah rumah tangga yang didaur ulang menjadi produk-produk ekraf seperti tas dan tikar.

Modus Sewa Tikar Rp100 Ribu di Subang, Pemalak Wisatawan Minta Maaf

"Ini menunjukkan Desa Wisata Taraju memiliki konsep keberlanjutan lingkungan," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Benny Bachtiar yang ikut mendampingi Menparekraf mengaku bangga terhadap kerja keras Pokdarwis di Desa Wisata Taraju. Menurutnya masyarakat harus menjadi pelaku utama untuk mengoptimalkan berbagai potensi di daerahnya masing-masing.

Halaman Selanjutnya
img_title