Desa Wisata Cibeusi Subang Ditargetkan Jadi Destinasi Unggulan di Jawa Barat

Desa Wisata Cibeusi
Sumber :
  • Istimewa

VIVA JabarDesa Wisata Cibeusi di Kabupaten Subang berhasil masuk 75 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023. Penetapan diresmikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Uno di area wisata Curug Ciangin, Jumat 7 April 2023.

Bus Terguling di Cipali, 5 Penumpang Luka Berat

Menparekraf mengaku terpesona dengan keindahan alam di Desa Cibeusi. Selain itu ia juga kagum akan kekayaan budaya serta produk ekonomi kreatif masyarakat daerah.

"Saya sangat kagum melihat begitu banyak keindahan, bukan hanya alam tapi juga ragam budaya dan produk ekonomi kreatif. Ini menjadi penyemangat kita untuk membangkitkan Desa Wisata Cibeusi," kata Menparekraf.

7 Destinasi Wisata Paling Hits di Jawa Barat untuk Libur Lebaran

Secara geografis, kondisi di Desa Cibeusi memang mendukung untuk wisata alam. Menurut keterangan kepala desa setempat, ada beberapa daya tarik yang digemari wisawatan seperti air terjun (curug), kebun teh, dan area persawahan. Bahkan wisawatan bisa berburu produk UMKM seperti nasi liwet, gula aren, peuyeum, madu, nanas, serta kerajinan fashion.

"Tidak perlu jauh-jauh untuk berwisata karena di Kabupaten Subang juga banyak sekali tempat wisata yang bagus dan indah," ujar Menparekraf.

KDM Kagumi Janda Cantik Beranak Dua Urus Adik Disabilitas dan Orang Tua Sakit

"Mudah-mudahan ini bisa menjadi upaya untuk menciptakan 4,4 juta lapangan kerja baru berbasis wisata," tuturnya.

Dengan masuknya Desa Cibeusi ke 75 besar ADWI 2023 diharapkan bisa mendongkrak jumlah kunjungan wisawatan. Hal ini disampaikan Wakil Bupati Subang Agus Maskur Rosyadi yang turut mendampingi kunjungan Menparekraf RI.

Halaman Selanjutnya
img_title