Libur Lebaran 2023, Pergerakan Wisatawan Ke Cirebon Raya Meningkat Pesat

Kadisparbud Jabar, Benny Bachtiar bersama finaslis Puteri Indonesia
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Jabar – Sejumlah daerah di Provinsi Jawa Barat menjadi tujuan favorit wisatawan pada masa libur Lebaran 2023. Selain Bandung Raya, Bogor Raya, Sukabumi, dan Pangandaran, masyarakat kini juga menghabiskan waktunya di wilayah Cirebon Raya termasuk Majalengka, Sumedang, serta Kuningan.

Pemerintah Gaungkan Bansos untuk Korban Judol, Dinsos Subang: Kami Belum Tahu

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Benny Bachtiar yang telah melakukan monitoring ke sejumlah destinasi, 25-26 April 2023 lalu. Menurutnya lonjakan wisatawan terjadi hampir di semua wilayah Jawa Barat, efek dari ditiadakannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

"Pergerakan wisatawan cukup besar sekali. Rata-rata di atas 50 persen, malah ada yang 100 persen. Ini tentunya menjadi wujud nyata tingginya animo masyarakat untuk berwisata pasca pandemi Covid-19," kata Kadisparbud, Kamis 27 April 2023.

Berbagi Berkah Idul Adha, FIFGROUP Tebar 3 Sapi dan 453 Kambing

Ke depannya, Disparbud Jabar akan berupaya mengembangkan setiap potensi wisata yang ada di kabupaten/kota lainnya sehingga kunjungan wisatawan tidak menumpuk di Bandung Raya, Bogor Raya, atau Pangandaran yang selalu padat hampir setiap tahun.

Menurut Kadisparbud Jabar, saat ini pihaknya sedang berupaya mempromosikan wisata di wilayah Sumedang, Cirebon, Indramayu, Kuningan, dan Majalengka. Upaya tersebut didukung dengan diberlakukannya penerbangan komersial di Bandara Internasional Kertajati.

Idul Adha, Warga Perumahan Subang Green City Desak Pengembang Bangun Mesjid

"Kami meonitoring untuk bisa mengoneksikan antara satu destinasi wisata dengan destinasi wisata lainnya di setiap kabupaten/kota. Mudah-mudahan dengan dalam waktu dekat kami bisa mengembangkan wisata di Cirebon Raya agar sedikit mengurai permasalahan di Bogor Raya dan Bandung Raya yang sudah sangat crowded sekali," ucap Kadisparbud.

"Kalau seandainya Cirebon Raya dan juga wilayah Priangan Timur sudah mulai ditarget oleh para wisatawan, tentunya ini akan memberikan dampak atau manfaat yang baik bagi seluruh pelaku usaha pariwisata di Jawa Barat, idak hanya yang ada di Bogor Raya maupun Bandung Raya," tambahnya.