Bocoran Fitur Terbaru YouTube Music: Upvote Playlist

Ilustrasi YouTube
Sumber :
  • Freepik

VIVA Jabar – Semakin semaraknya persaingan di dunia musik, YouTube Music seolah tak mau tersaingi  oleh kompetitornya. Platform musik milik Google ini diketahui sedang mencoba mengembangkan fitur terbaru yaitu fitur upvote playlist.

Turun Drastis! Ini Dia Harga Terbaru Samsung Galaxy A04e

Fitur ini merupakan fitur yang memungkinkan pengguna untuk menilai suatu lagu atau musik dengan  memberikan tanda "suka" pada playlist favorit mereka, alih-alih hanya menyimpannya.

Tak mau kalau dengan Spotify, YouTube Music menawarkan pendekatan yang lebih fleksibel. Dulu, Spotify memang memiliki fitur upvote playlist, namun saat ini sudah dihapus dan diganti dengan hitungan "disimpan".

Turun Drastis! Cek Harga Terbaru Samsung Galaxy A54 5G Juni 2024

Dikutip dari Passionategeekz (12/6/2024), fitur upvote playlist ditemukan tersimpan di kode sumber update terbaru YouTube Music versi 7.05.52 untuk Android. Salah satu kodenya yaitu bertuliskan "playlist_voting_collaborators_only".

Kode ini diprediksi bahwa YouTube Music akan memberikan kontrol lebih kepada kreator playlist terkait siapa saja yang bisa melakukan upvote. Para Kreator playlist bisa memilih beberapa opsi, yaitu Semua Orang, artinya Semua pengguna YouTube Music, Kolaborator Saja atau hanya pengguna yang ditambahkan sebagai kolaborator pada playlist tertentu yang bisa melakukan upvote, opsi terakhir yautu Tidak Ada, artinya Fitur upvote dinonaktifkan untuk playlist tersebut.

Review Samsung Galaxy S22 dan S22 Ultra Serta Harga Terbaru Juni 2024

Perlu diketahui bahwa fitur ini baru sekedar bocoran. Belum ada informasi resmi kapan fitur ini akan diluncurkan. Namun, kemunculan kode sumber terkait upvote di update terbaru bisa menjadi pertanda bahwa peluncuran fitur ini bisa terjadi sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Kehadiran fitur upvote playlist ini sangat bermanfaat untuk mengukur popularitas playlist di YouTube Music. Saat ini, platform tersebut belum memiliki parameter khusus untuk menilai popularitas playlist. Para pengguna hanya bisa melihat jumlah like pada individual lagu di dalam playlist, sehingga kurang efektif untuk menilai keseluruhan playlist.

Halaman Selanjutnya
img_title