Jurusan Teknik yang Banyak Dibutuhkan Perusahaan Tambang, Gajinya Tinggi!

Pekerja Tambang
Sumber :

Viva Jabar – Indonesia adalah negara yang memiliki hasil bumi yang kaya. Tidak heran bila ada banyak perusahaan tambang besar di sini, seperti PT Pertamina, PT Freeport Indonesia, PT Adaro Energi Tbk, PT Bayan Resources Tbk, dan sebagainya. Adapun sektor usaha pertambangan meliputi bahan kimia, pupuk, batu bara, bijih logam, mineral, gas bumi, dan masih banyak lagi.

Inilah Jurusan Kuliah yang Memiliki Prospek Besar di Masa Depan!

Perusahaan tambang dikenal memiliki karier yang menawarkan gaji menjanjikan. Hal itu pun menjadi daya tarik tersendiri bagi para pencari pekerjaan. Berdasarkan Indonesia Salary Guide, pendapatan paling rendah pekerja di sektor tambang adalah sebesar Rp20 juta perbulannya.

Semakin berkembangnya industri pertambangan, maka kebutuhan tenaga kerja di bidang ini pun semakin besar. Peluang kerja ini bisa dimaksimalkan dengan memilih jurusan kuliah teknik. Perusahaan tambang akan mencari kandidat terbaiknya. Jurusan kuliah yang linear tentunya akan lebih besar mendapatkan peluang karena dianggap bisa menguasai permasalahan yang terjadi di bidang industri pertambangan.

Buntut Kericuhan Penonton, PT LIB Jatuhkan Sanksi pada Persib Bandung

Berikut ini adalah beberapa jurusan teknik yang banyak dicari perusahaan tambang:

Teknik Pertambangan

3 Gol dalam 5 Menit! Bali United Bungkam Barito Putera, Klasemen Makin Ketat

Tentu saja lulusan dari teknik pertambangan akan menjadi prioritas di sektor ini. Lulusan jurusan teknik pertambangan diharapkan memiliki pengetahuan mengenai eksplorasi, eksploitasi dan pengolahan sumber daya tambang. Maka lulusan teknik pertambangan pun harus memiliki keahlian dalam merancang, merencanakan, dan mengawasi kegiatan penambangan yang efektif, serta memastikan keselamatan dan kelestarian alam.

Prospek kerja lulusan teknik pertambangan mulai dari insinyur pertambangan, ahli geoteknik, supervisor tambang, hingga konsultan pertambangan.

Halaman Selanjutnya
img_title