Inilah Alasan Hacker Menyerang Pusat Data Nasional

Ilustrasi Aplikasi Sosmed, Kejahatan Siber (Malware) atau Hacker
Sumber :
  • Screenshot berita VivaNews

VIVAJabar – Para peretas Brain Cipher atau kelompok hacker yang mengaku bertanggung jawab atas serangan pada Pusat data Nasional Sementara (PDNS 2), akhirnya mengembalikan data yang diretasnya, sesuai janji. Mereka menyediakan tautan kunci deskripsi dengan cuma-cuma.

Langkah Dapatkan Cuan dari Investasi Saham, Cocok untuk Pemula

Seperti diketahui, bahwa serangan siber itu memakai ransomware jenis Brain Cipher. Setelah memberikan link kunci deskripsi, Brain Cipher pun menjelaskan alasan melakukan serangan itu.

Mereka mengatakan bahwa pusat data atau data center merupakan industri berteknologi tinggi yang perlu adanya investasi besar. Biaya yang harus dikeluarkan untuk membangun data senter sangat tinggi.

Alasan Indonesia Dapat Julukan Open Source Country

Para peretas ini berpendapat kalau tidak sembarangan orang bisa mengurus data center. Para pemegangnya harus bisa mengerti mengenai seluk-beluk bisnis dini serta cara mengelola dengan benar supaya keamanan datanya tidak melemah.

“Mengapa kami menyerang pusat data? Seperti yang Anda ketahui, pusat data adalah industri teknologi tinggi yang membutuhkan investasi besar, dan setiap orang yang menjalankan bisnis ini harus mengetahuinya,” keterangan yang ditulis kelompok peretas Brain Cipher dalam akun @stealthmole_int di X

5 Tips Sederhana untuk Berlindung dari Ransomware

Mereka juga menjelaskan bahwa 99 dari 100 perusahaan dalam sebuah industri harus membayar tebusan jika berada dalam situasi seperti itu.

Dalam kasus ini, Brain Cipher mengatakan bahwa serangan ini mudah sekali untuk dilakukan. Mereka hanya membutuhkan waktu untuk mengakses dan mengenkripsi beribu-ribu terabyte informasi.

Halaman Selanjutnya
img_title