Masalah Ketenagakerjaan, Dua Balon PKB Subang Klaim Miliki Solusi dan Inovasi

Bakal Calon Bupati dari PKB Subang, Lukmantias Amin dan Merry Langoy.
Sumber :

Jabar – Permasalahan Ketenagakerjaan di Subang menjadi perhatian Bakal Calon Bupati dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Ambil Hikmah Kejadian Subang, Pemprov Jabar dan GIPI Sepaham Bangun Industri Pariwisata

"Banyak permasalahan yang harus dituntaskan kaitan ketenagakerjaan di Subang," tegas Bakal Calon Bupati dari PKB Subang, Lukmantias Amin, Kamis (9/5)

Menurutnya, penyerapan tenaga kerja di Subang harus dibarengi dengan peningkatan skill dan kompetensi calon tenaga kerja. Sehingga investor yang hendak berinvestasi sudah disiapkan dengan tenaga kerja yang mumpuni.

Usut Tuntas Kecelakaan Maut Ciater, KDM: Jangan Hanya Sopir yang Bertanggung Jawab

Selanjutnya, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang masih rendah di Subang harus ditingkatkan dengan berbagai cara. Mulai dari pemberian beasiswa sarjana hingga tingkat desa, prakerja, hingga kehadiran pemerintah dalam memberikan stimulus pembelajaran.

"Jika semua dilakukan, baik perusahaan dan calon tenaga kerja akan semakin berkesinambungan," kata Purnawirawan TNI AD yang banyak mendapat penghargaan di berbagai bidang tersebut.

Tanggulangi Kemiskinan Ekstrem, BLK Subang Latih Puluhan Security

Mengenai percaloan tenaga kerja, pria kelahiran Subang 1971 tersebut mengatakan, harus ada etos dan integritas. Karena masalah perekrutan tenaga kerja di Subang harus pergeseran peran. Di mana oknum-oknum calo tersebut harus diberikan pemahaman dan diberikan keterampilan juga kesempatan untuk bekerja.

Perluasan lapangan kerja, juga kesempatan untuk bekerja menjadi PR bagi Pemerintah Daerah. Seyogianya harus dilakukan link and match. Sehingga meminimalisir praktik calo tenaga kerja.

Halaman Selanjutnya
img_title