Semarak Jejakk Kreatif Indonesia Perkuat Jejaring Kabupaten/Kota Kreatif di Tanah Air

Sandiaga Uno
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Jabar – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil diwakili Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Benny Bachtiar menghadiri Semarak Jejaring Kabupaten/Kota (Jejakk) Kreatif Indonesia di Kawasan Kota Lama Semarang, Jawa Tengah, Jumat 19 Mei 2023 malam.

Pemkab Purwakarta Utus 22 Kafilah di Ajang MTQ ke-38 Tingkat Provinsi

Kegiatan yang diinisiasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI bersama Pemerintah Provinsi Jawa Tengah tersebut diselenggarakan dalam rangka menghadirkan produk-produk para pelaku ekonomi kreatif unggulan dari 109 kabupaten/kota Tanah Air yang sudah tergabung di ekosistem kabupaten/kota kreatif Indonesia.

Acara dibuka langsung oleh Menparekraf RI Sandiaga Uno. Menurutnya kegiatan ini bertujuan membangun kolaborasi dari seluruh kabupaten/kota kreatif untuk berjejaring dan saling memperkuat potensi ekonomi kreatif sekaligus memperluas pasar.

Kurang Sosialisasi, 8 Warga Subang Meninggal karena DBD

“Di sini kita bisa melihat karya-karya ekonomi kreatif bukan hanya dari 35 kabupaten/kota yang ada di Jawa Tengah, tapi dari seluruh Indonesia khususnya yang telah menjadi bagian dari ekosistem kabupaten/kota kreatif Indonesia,” kata Menparekraf.

Semarak Jejakk Kreatif Indonesia 2023 dirangkaikan dengan kegiatan Semarang Night Carnival yang mengangkat tema ‘The Luxury’. Ini menjadi acara tahunan yang merupakan rangakain peringatan HUT Kota Semarang.

Takut Terjerat Pinjol, Ribuan Nelayan Subang Ogah Daftar Kusuka

Ke depannya, Semarak Jejakk Kreatif Indonesia juga akan diselenggarakan di kota atau kabupaten dari provinsi lainnya. Menparekraf optimistis, kegiatan ini bisa memberikan dampak positif pada para pelaku pariwisata dan juga ekonomi kreatif.

“Kita memutuskan Semarang sebagai kick off pertama kalinya dalam sejarah menghadirkan Semarak Jejakk Kreatif,” ucap Menparekraf.

Halaman Selanjutnya
img_title