Kanker Payudara, Jenis Penyakit Kanker Penyumbang Pertama Angka Kematian

Webinar Sosialisasi Deteksi Dini Kanker Payudara
Sumber :
  • Screenshot berita VivaNews

VIVA Jabar - Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) bekerjasama dengan Bidang Kedokteran dan Kesehatan (BIDDOKKES) Polda DIY menggelar kegiatan Webinar secara hybrid tentang Sosialisasi Deteksi Dini Kanker Payudara dan Praktek SADARI, pada tanggal 8 Agustus 2023.

Dwinan Marchiawati, Kepala Dinas Subang yang Mengawali Karir Sebagai Dokter

Diketahui acara tersebut, dalam rangka Hari Jadi ke-75 Polwan RI dan diikuti oleh 410 peserta yang terdiri dari POLWAN dan ASN POLDA DIY.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran para peserta akan pentingnya melakukan deteksi dini kanker payudara dalam rangka menurunkan kejadian kasus baru kanker payudara stadium lanjut khususnya di lingkungan POLDA DIY dan keluarga. 

Azhiera Sebut Kurnia Meiga Bohongi Dokter yang Dikirim Erick Thohir

Webinar Sosialisasi Deteksi Dini Kanker Payudara

Photo :
  • Screenshot berita VivaNews

Kombes Pol.drg. Agustini Purwaningsih, Sp.Perio., MM, Kepala Bidang Kedokteran dan Kesehatan Polda DIY dalam sambutannya mengatakan kanker payudara menempati urutan pertama terkait jumlah kanker terbanyak di Indonesia serta menjadi salah satu penyumbang kematian pertama akibat kanker.

Buntut Blokade Israel, Bayi-bayi di Gaza Tewas Kekurangan Gizi

Ada beberapa faktor resiko yang menyebabkan seseorang rentan terkena kanker payudara yaitu usia di atas 50 tahun, kontrasepsi oral, menstruasi dini, riwayat tumor jinak pada payudara, kehamilan pertama di usia tua, menopause di usia lanjut, pola hidup tidak sehat seperti obesitas, jarang berolahraga, merokok dan tidak menyusui.

Salah satu faktor penyebab tingginya jumlah kasus kanker payudara stadium lanjut adalah keengganan memeriksakan diri ke dokter karena takut didiagnosis kanker.

Halaman Selanjutnya
img_title