Buah Nanas Disebut Dapat Sebabkan Keguguran, Begini Kata Dokter

Buah nanas
Sumber :
  • intipseleb.com

VIVA Jabar – Beredar keyakinan di masyarakat Indonesia bahwa buah nanas dapat menjadi pemicu gagalnya kehamilan atau keguguran. Hal tersebut diyakini karena buah nanas mengandung zat asam yang dapat menyebabkan janin meninggal.

Ade Patas, Mantan Kades yang Sukses jadi Raja UMKM Buah Nanas di Subang

Zat Bromelain yang terdapat dalam buah nanas juga dikhawatirkan dapat memicu kontraksi rahim sehingga membahayakan bagi janin dan dapat menyebabkan keguguran.

Memang, nanas mengandung enzim yang disebut Bromelain. Enzim ini dapat memecah protein, dan dikhawatirkan dapat menjadi pemicu keguguran.

Innalillah, Kiky Saputri Alami Keguguran di Kehamilan 10 Minggu

Akan tetapi, kandungan bromelain dalam nanas yang matang biasanya tidak cukup tinggi untuk mempengaruhi kehamilan. Jumlah bromelain yang signifikan terdapat pada bagian-bagian yang jarang dimakan, seperti kulit dan inti nanas.

Menurut dr. Saddam Ismail, bromelain yang terdapat dalam buah nanas sangatlah sedikit. Sehingga tidak membahayakan bagi janin apabila ibu hamil mengkonsumsinya dengan kuantitas yang wajar.

Kabar Duka, Nikita Willy Keguguran Anak Kedua

“Perlu diketahui, enzim bromelain dalam nanas ini sangat lah sedikit, jadi sangat lah kecil, kalau teman-teman mengkonsumsi dalam batas wajar, dalam jumlah yang normal, itu tidak apa-apa,” ungkap dokter Saddam Ismail, dilansir dari kanal YouTubenya.

Menurut dr. Saddam Ismail, ibu hamil yang mengkonsumsi nanas justru sangat baik apabila masih dalam jumlah yang wajar. Sebab, buah nanas dapat meredakan kecemasan selama hamil dan terdapat cukup banyak nutrisi.

Halaman Selanjutnya
img_title