Ade Patas, Mantan Kades yang Sukses jadi Raja UMKM Buah Nanas di Subang

Ade Patas (tengah) sukses jadi pengusaha Buah Nanas Subang.
Sumber :

Jabar – Sosok pria berperawakan gemuk berusia 57 tahun terlihat mondar-mandir di lokasi produksi olahan buah nanas yang berada samping rumahnya.

Penjual Pigura di Subang Mulai Kebanjiran Order Pesanan Prabowo-Gibran

Yap, dialah pemilik pusat oleh-oleh khas Subang Alam Sari Desa Tambak Mekar, Kecamatan Jalan Cagak Kabupaten Subang, Ade Patas.

Ditemui Viva Jabar, Ade Patas menceritakan awal usaha UMKM-nya yang menggunakan buah nanas untuk diolah menjadi penganan lain hingga menghasilkan omzet Rp100 juta per bulan.

Jadi Tuan Rumah, Pemkab Purwakarta Pastikan Kesiapan Venue Popwilda Jabar

"Alhamdulillah untuk membuat produk, saya menghabiskan 7 Kuintal buah nanas per hari, dengan Omzet per bulan tidak kurang dari Rp100 juta," ujarnya seraya tersenyum.

Berawal dari keinginannya mencari penghasilan tambahan, mantan Kades Tambak Mekar tahun 1997 itu, membuat kelompok UMKM dari ibu - ibu PKK, dengan memanfaatkan potensi buah nanas yang tumbuh subur di lingkungan desa.

Dapatkan Saldo DANA Gratis Rp700 Ribu dari Pemerintah! Pelajari Cara dan Syaratnya Sekarang!

"Sebelum saya berhenti menjadi Kades, saya membuat kelompok usaha dodol dari buah nanas," kenang pria yang kerap diundang sebagai narasumber di berbagai kegiatan UMKM itu.

Olahan buah nanas yang dijadikan dodol, wajit, kerupuk, keripik,sirup, sistik, manisan, coklat itu sukses di pasaran. Peminatnya pun berasal dari dalam dan luar daerah.

Halaman Selanjutnya
img_title