Meminum Susu Seringkali Identik dengan Anak-Anak, Padahal Lansia pun Sangat Membutuhkannya

Ilustrasi Destinasi Kuliner, Air Susu
Sumber :
  • Screenshot berita VivaNews

VIVA Jabar Minum susu seringkali dikaitkan dengan kebiasaan anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Namun, penting untuk dicatat bahwa kandungan nutrisi dalam susu tetaplah penting bagi orang dewasa dan bahkan lansia.

Waspadai Sarapan Nasi Goreng dan Bakwan, dr Zaidul Akbar Beri Peringatan Kesehatan

Susu merupakan minuman yang kaya akan gizi, terutama protein, kalsium, dan vitamin D. Nutrisi-nutrisi ini tidak hanya dibutuhkan oleh anak-anak, tetapi juga sangat penting bagi para lansia.

Pada usia 40 tahun ke atas, kondisi tubuh mulai mengalami penurunan mulai dari menurunnya massa otot hingga terjadi pengeroposan tulang. Oleh karena itu, mengonsumsi susu yang kaya kalsium dan vitamin sangat dianjurkan bagi para lansia.

Ancaman Serius yang Wajib Diwaspadai dari Dampak Konsumsi Gula Berlebih

Ilustrasi Susu

Photo :
  • Screenshot berita VivaNews

"Di atas usia 40, massa otot menurun maka kandungan protein yang cukup bisa membantu massa otot tetap terjaga. Protein tinggi juga membantu kepadatan tulang, apalagi susu juga mengandung vitamin dan kalsium yang bisa menjaga kesehatan tulang, gigi, dan keseluruhan tubuh," jelas dr. Putri Sakti Dwipermanasari, M.Gizi, Sp.GK, AIFO-K, dalam tayangan Hidup Sehat TVONE, Rabu 20 September 2023.

Ramalan Zodiak Hari Ini 9 April 2024: Asmara, Karier dan Kesehatan

Kandungan Vitamin D dalam segelas susu tidak hanya bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh, tetapi juga baik bagi jantung, pembuluh darah, dan mengontrol kadar gula darah. Sehingga, para lansia dapat terhindar dari berbagai macam penyakit yang berhubungan dengan imunitas dan kanker.

Sementara itu, kandungan kalsium di dalam susu bukan hanya bermanfaat bagi kesehatan tulang, tetapi juga bisa mengatasi masalah pembekuan darah. Sehingga, para lansia tidak akan sering mengalami kram atau kesemutan. Ada juga vitamin B yang bermanfaat untuk membuat para lansia memiliki tidur yang lebih berkualitas, serta kandungan kalium yang berguna untuk menstabilkan tekanan darah.

Halaman Selanjutnya
img_title