Makan Nasi Goreng dan Nasi Uduk Buat Perut Buncit? Begini Kata Dokter

Ilustrasi Nasi Goreng
Sumber :
  • Viva.co.id

VIVA Jabar - Makan merupakan kebutuhan wajib bagi setiap manusia, namun tentunya di samping kebutuhan, pola makan juga harus diatur seimbang agar membentuk tubuh yang ideal. Juga secara tidak langsung, menjaga pola makan akan mencegah kita terkena berbagai risiko penyakit sindrom metabolik. Seperti diabbetes, stroke dan jantung. 

Dulu Tenar Bintangi Sinetron, Kini Epi Kusnandar Jualan Gorengan

Namun sayangnya, masih banyak yang tak terlalu memusingkan dengan makanan yang kita asup. Misalnya, mengonsumsi mi bersamaan dengan telur, roti dengan selai atau makan mi dengan gorengan. Padahal, bahan makanan tersebut mengandung tepung yang ketika dikonsumsi secara terus menerus dan berlebihan bisa menyebabkan perut buncit.

"Jadi ini semua dominan karbohidrat. Gorengan ada tahu, wortel memang sehat tetapi mungkin dipahami ini dibalut tepung. Kemudian makan roti yang dioles selai itu udah gula dan tepung. Kemudian pakai mi pakai tahu, tahu protein tapi komponen temannya bikin perut buncit," kata spesialis gizi klinik,  dr. Marya Haryono, MGizi, SpGK, FINEM dalam program Hidup Sehat tvOne, Kamis 24 Agustus 2023.

Kurnia Mega Sentil Bola Mata Anaknya, Mantan Istri Ngamuk Tak Terima

Mie Instan.

Photo :
  • Viva.co.id

Diungkap Marya, perut buncit berkaitan dengan gangguan metabolisme yang abnormal, baik dari lemak, peradangan pembuluh darah atau kadar insulin dalam darah, gangguan metabolisme karbohidrat sehingga bisa menimbulkan sejumlah penyakit di antaranya diabetes, darah tinggi, penyakit kardiovaskuler dan penyakit jantung.

Alami Sakit Kulit, Kartika Putri Balas Cibiran dr Richard Lee

Sementara itu, mengonsumsi nasi goreng, nasi uduk dan lontong yang disebut dapat membuat perut buncit, justru tidak benar. Marya mengatakan, hal itu bergantung dari porsi yang dikonsumsi dan pengolahannya.

"Jadi nasi ini biasanya identik itu gula. Semua yang berurusan dengan karbohidrat masuk ke tubuh diolah jadi gula. Demikian nasi, tapi nasi lebih kompleks tepung dan gula. kalau makan nasi makanlah yang tertakar bukan berarti banyak serat protein jadi kurang," kata dia.

Halaman Selanjutnya
img_title