YouTube Hadirkan Fitur Catatan pada Video, Apakah Terinspirasi dari X?

Ilustrasi YouTube
Sumber :
  • Freepik

VIVAJabar – YouTube saat ini diketahui telah melakukan inovasi terbaru dengan mengembangkan fitur-fitur terbaru untuk mengesankan para pengguna. Salah satu fitur terbaru sari YouTube adalah fitur catatan pada video. 

YouTube Spesialkan Pengguna Android: Akan Dapat Notifikasi Waktu Tidur

Fitur “catatan” YouTube ini rencananya akan diluncurkan pertama kali di  Amerika Serikat (AS), menurut Alphabet, perusahaan pemilik pada hari Senin. 

Saat ini fitur tersebut sedang dalam proses pengembangan. Seperti yang diketahui bahwa fitur YouTube ini akan mengundang pengguna dan pembuat konten tertentu untuk menulis catatan sebagai tujuan untuk "konteks yang relevan, tepat waktu, dan mudah dipahami" pada video. 

Emulator PC Tak Boleh Digunakan Pada iOS, Apple: Melanggar Pedoman

Fitur ‘Catatan’ ini dapat mempermudah pengguna untuk mendeteksi kapan suatu lagu tertentu dijadikan parodi, kapan versi baru dari produk yang sedang diulas telah tersedia, dan dapat dengan mudah memberi tahu pemirsa jika rekaman lama secara keliru digambarkan sebagai peristiwa terkini, demikian dilansir Reuters.  

Sebenarnya fitur ‘catatan’ ini sangat mirip dengan fitur catatan yang ada lada platform sosial media X yang dikenal sebagai ‘catatan komunitas’ sehingga pengguna bisa dengan mudah menambahkan konteks ke postingan seperti tag "menyesatkan" dan "di luar konteks". 

Tak Perlu Akun, ChatGPT Bisa Diakses Dengan Mudah

Catatan di YouTube ini kanarnya akan diluncurkan pertama kali di AS untuk para pengguna perangkat seluler di sana.  Akan tetapi, sejauh ini belun diketahui kapan fitur ini akan diluncurkan dan diresmikan secara global.