Pentingnya Edukasi Cegah Serangan Siber dari Bangku Sekolah

Ilustrasi Serangan Hacker
Sumber :
  • Pinterest

VIVAJabar - Pesatnya perkembangan dunia digital ternyata beriringan dengan tumbuhnya kejahatan siber yang semakin hari semakin tinggi grafiknya. Sayangnya kesadaran para pengguna siber belum menyadari ancaman kejahatan siber, sehingga bisa dibilang masih lalai dalam memproteksi data pribadi di dunia maya.

Saatnya Industri Minyak dan Gas Indonesia Menerapkan Teknologi AI

Melihat fenomena tersebut, PT Telkom bersama Yayasan Pendidikan Telkom selaku fasilitator bekerjasama dengan SMK Telkom Malang menggelar pelatihan "Cyber Security Awareness" di Kampus SMK Telkom Malang, Jl. Danau Ranau, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, akhir Juni lalu. 

Pelatihan ini digelar agar para siswa semakin memahami dan menyadari akan bahaya dari kejahatan siber. Apalagi pelaku kejahatan siber sudah memasukan pelajar sebagai sasaran tindak kriminalnya. 

Telkom Gelontorkan 90 Miliar Pendanaan Ekosistem Startup di Indonesia

Pelatihan diikuti antusias seluruh siswa SMK Telkom Malang. Melalui pelatihan ini siswa mendapat materi mengenai cara proteksi data pribadi dalam platform digital. Siswi yang mengikuti pelatihan, Agnes Shifa Ramadani mengatakan, wawasan ilmu siber semakin bertambah setelah mengikuti pelatihan tersebut.

Ilustrasi Siber

Photo :
  • Pinterest
Strategi LOGEE Ekspansi Bisnis Logistik Mulai Geser Kompetitor

"Dalam pelatihan ini ada dua hal penting yang saya dapatkan, yaitu tips and trick agar data pribadi kita tidak mudah diretas. Kita belajar membuat sandi akun agar tidak mudah dibobol. Kedua saya menjadi tahu banyak istilah dalam dunia siber. Banyak hal baru yang belum saya kenal sebelumnya. Yang lebih penting materi yang disampaikan sangat mudah dipahami," kata Agnes dalam keterangannya, Senin 15 Juli 2024.

Halaman Selanjutnya
img_title