Warna Merah yang Keluar saat Bekam Ternyata Bukan Darah Kotor

Bekam
Sumber :
  • Instagram

VIVA Jabar – Pengobatan bekam menjadi salah satu pengobatan yang sudah tidak asing di telinga umat muslim. Pengobatan sunah Rasul ini disebut-sebut mampu memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh.

Mulai Hari Anda dengan Doa Pelancar Rezeki dari Ustadz Adi Hidayat

Lantas seperti apa bekam dan bagaimana metode bekam yang tepat? Praktisi ahli bekam, dr. Adiasari, angkat bicara. Dia menjelaskan bekam adalah sebuah teknik atau terapi tradisIonal yang menggunakan teknik penyedotan.

"Bekam sudah ada sejak dahulu bahkan sebelum zaman Rasulullah sudah ada. Intinya ilmu bekam mulai berkembang. Penelitian juga menyebut bekam ada khasiatnya," kata dia dalam program Hidup Sehat Tv One bersama dr. Eklas, Jumat 16 Juni 2023.

20 Ucapan Selamat Idul Fitri dalam Bahasa Inggris, Bagikan ke Orang Tersayang

Lebih lanjut, diungkap Adiasari ada beberapa hal yang perlu diperhatikan masyarakat ketika ingin melakukan terapi bekam. Mulai dari istirahat yang cukup hingga sudah mengonsumsi makanan sebelum melakukan terapi bekam. Namun perlu diperhatikan, Aida mengungkap tidak semua orang boleh melakukan pembekaman. 

"Tidak semua orang bisa dibekam ada kontraindikasi besar atau orang yang tidak diperbolehkan, orang dengan tekanan darah rendah di bawah 90/70 tidak diperbolehkan karena ditakutkan hipoglikemik atau kurangnya aliran darah yang ada di dalam tubuh," katanya.

Putri Ridwan Kamil Lepas Hijab, Zara Ungkap Alasannya

Selain itu, orang yang memiliki hipertensi malignan atau orang yang memiliki tekanan di atas 180/110 karena kekhawatirannya pembuluh darah dengan tensi yang tinggi cepat untuk merusak pembuluh darah sehingga untuk amannya tidak boleh dilakukan pembekaman. Orang dengan kadar gula tinggi atau orang dengan riwayat diabetes militus yang sudah memiliki gejala neuropati seperti kesemutan juga tidak boleh melakukan bekam.

"Orang dengan anemia secara penelitian ada hasilnya meningkatkan Hb karena dapat merangsang sel darah merah, memang harus ada minimal Hbnya," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
img_title