Mengenal Tokoh Emansipasi Wanita Indonesia, RA Kartini

RA Kartini
Sumber :
  • Screenshot berita VivaNews

VIVA Jabar - Raden Adjeng Kartini atau lebih dikenal sebagai RA Kartini merupakan seorang tokoh penting dalam perjuangan emansipasi wanita di Indonesia.

Mengenal Gus Eko, Anak Pedagang Jengkol yang Nyabup dari Perseorangan

Lahir pada tanggal 21 April 1879 di Jepara, Jawa Tengah, Kartini adalah putri dari seorang bupati Jepara bernama R.M. Sosroningrat dan ibunya M.A. Ngasirah.

Pendidikan

Mobil Mewah Hasil Gratifikasi Diduga Disita dari Eks Bupati Anne?

Pendidikan awal Kartini diperoleh di sekolah dasar Eropah (Eurpese Lagere School) di Jepara. Namun, Kartini hanya bisa menikmati pendidikan formalnya tersebut hingga usia 12 tahun saja, mengingat adat istiadat Jawa waktu itu mewajibkan wanita untuk 'pingitan' atau dikurung di rumah setelah mencapai masa puber hingga menikah.

Meskipun begitu, RA Kartini tidak pernah berhenti untuk tetap belajar. Beliau melanjutkan pendidikannya secara otodidak dengan banyak membaca buku-buku yang ia peroleh dari Mr.J.H. Abendanon, pejabat pemerintah Hindia Belanda yang juga pendukung pendidikan bagi perempuan. 

Pasca Terjadinya Kecelakaan Bus di Subang, Bey Machmudin Terbitkan Surat Edaran

Melalui surat-surat yang ditulisnya, terlihat betapa besar keinginannya untuk memajukan derajat para wanita di Jawa.

Kartini menulis banyak surat kepada teman-teman penanya di Belanda, menggambarkan kondisi wanita Jawa dan mengungkapkan aspirasinya untuk memperjuangkan hak dan kesempatan pendidikan bagi perempuan.

Halaman Selanjutnya
img_title