Tak Hanya Soal Gizi, Ternyata Ini Penyebab Lain dari Stunting

Ilustrasi Bayi
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Jabar – Target penurunan stunting sebesar 14 persen pada 2024 terus digenjot. Untuk terus mengejar target penurunan stunting yang ditetapkan Presiden Joko Widodo tersebut, digelar acara Edukasi Bidan dan Intervensi Stunting di Kota Palembang pada Selasa, 27 Juni 2023.

Kenapa HP Jadi Lemot? Ini 5 Penyebabnya yang Perlu Anda Ketahui

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) RI, Dr.(H.C.) dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG(K), mengatakan, Sumatera Selatan merupakan provinsi terbaik secara nasional dalam menurunkan stunting. Pencapaian ini merupakan kerja keras para bidan, pemerintah daerah, dan dukungan dari berbagai pihak.

"Hal ini adalah kerja keras kita semua, kolaborasi  yang baik antara pemerintah, pihak swasta, termasuk para bidan. Saya sangat mengapresiasi kerjasama yang harmonis ini dan tentunya semua untuk mendorong target penurunan stunting sesuai yang ditetapkan Presiden Joko Widodo,”  jelas Hasto, dalam acara tersebut. 

Tingkat Korupsi Cukup Tinggi, Dua Mantan Kepala Desa Subang Berlebaran di Jeruji Besi

Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru menyampaikan, angka stunting di Provinsi Sumatera Selatan yang sebelumnya 24,8 persen pada 2021, dapat diturunkan sebesar 6,2 persen menjadi 18,6 persen pada 2022. Hal ini didorong oleh berbagai faktor, seperti kolaborasi lintas sektoral, sanitasi yang baik, pola hidup yang baik dan Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP).

“Penanganan stunting itu tidak hanya tanggung jawab satu instansi, semua punya peran dan tanggung jawab. Kepedulian ini harusnya kita dengungkan agar semua pihak ikut," katanya.

Gus Samsudin Bongkar Video Ajaran Sesat Tukar Pasangan, Ternyata Cuma Akting

"Indonesia mudah-mudahan bisa masuk ke target WHO di bawah 20 persen dan Bapak Presiden sudah perintahkan target di 14 persen. Program edukasi ini sangat penting untuk bidan yang  merupakan garda terdepan dalam pelayanan ibu hamil dan anak,” sambung Herman Deru.

Berada di tempat yang sama, Dokter Spesialis Kandungan dan Kebidanan dr Nuswil Bernolian, Sp. Og (K), menerangkan, stunting disebabkan oleh faktor multidimensi intervensi pada 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK). 

Halaman Selanjutnya
img_title