Resep: Sambal Gami Khas Bontang Kaltim, Gurih dan Bikin Ketagihan

Destinasi Kuliner, Sambal Gami (Khas Bontang-Kaltim)
Sumber :
  • Screenshot berita VivaNews

VIVA Jabar - Lidah masyarakat Indonesia, khususnya wilayah timur, tak sedap bila menyantap hidangan tanpa aroma pedas. Pun demikian di beberapa daerah lainnya, aroma pedas atau sambal sudah jadi bagian tak terpisahkan dari aneka sajian makanan nusantara.

5 Tips Makan Sehat: Gaya Hidup yang Menyehatkan Tubuh

Bila Anda berada di wilayah Kalimantan Timur (Kaltim), tepatnya di Kabupaten Bontang, Anda akan jumpai menu Sambal Gami.

Sambal Gami adalah salah satu jenis sambal khas dari Bontang, Kalimantan Timur. Sambal ini memiliki rasa yang pedas dan gurih, serta tekstur yang kasar karena dimasak langsung diatas cobek tanah liat, dan disajikan panas-panas.

Ibu dan 2 Anaknya Tewas Usai Santap Telur Ikan Buntal

Sambal gami biasanya ditambah dengan ikan bawis, yang merupakan ikan khas dari perairan Bontang. Ikan bawis memiliki daging yang lembut dan gurih, serta bisa dimakan bersama tulangnya.

Inilah 12 Ramalan Jayabaya yang Disebut-sebut Berkaitan dengan Bangsa Indonesia

Namun ikan bawis tidak mudah didapatkan di luar kota Bontang, sehingga sambal gami juga bisa menggunakan protein hewani lainnya seperti udang, cumi atau ayam.

Asal usul sambal gami tidak diketahui secara pasti, tetapi ada beberapa versi yang beredar. Yang paling dikenal adalah versi sambal gami berasal dari Bontang.

Halaman Selanjutnya
img_title