Ramalan Jayabaya: 2025 Jadi Zaman Kolosubo, Era Kemakmuran Nusantara

Ramalan Jayabaya tahun 2025.
Sumber :
  • Viva.co.id

JabarRamalan Jayabaya, koleksi prediksi legendaris dari Prabu Jayabaya, Raja Kediri yang memerintah pada tahun 1135 hingga 1159, menyebutkan bahwa tahun 2025 akan menandai dimulainya Zaman Kolosubo, sebuah era kemakmuran dan ketentraman bagi Nusantara.

Inilah 12 Ramalan Jayabaya yang Disebut-sebut Berkaitan dengan Bangsa Indonesia

Ramalan ini, yang telah diabadikan dalam naskah-naskah seperti Serat Jayabaya Musarar dan Serat Pranitiwakya, serta disebutkan dalam Babad Tanah Jawi, memprediksi berbagai peristiwa besar yang akan terjadi di Nusantara.

Salah satu periode yang dinanti-nantikan adalah Zaman Kolosubo, yang diyakini akan membawa kemakmuran setelah masa konflik dan kesulitan yang dikenal sebagai Zaman Kolobendu.

Tips Membuat Hidangan Nusantara yang Lezat Ala Chef Norman Ismail

Zaman Kolosubo: Harapan Baru Setelah Zaman Kolobendu

Zaman Kolosubo diperkirakan akan tiba pada tahun 2025, membawa kemakmuran dan ketentraman setelah periode penuh tantangan dan bencana di Zaman Kolobendu.

Peringati Hari Batik Nasional, Berikut Makna 8 Motif Batik Nusantara yang Miliki Nilai Filosofis

Menurut ramalan ini, Zaman Kolobendu dimulai pada tahun 1997 dan ditandai oleh krisis ekonomi besar serta berbagai bencana yang melanda Indonesia. 

Budayawan Jawa, Masud Thoyib Adiningrat, menafsirkan bahwa simbol "Ayam Jantan Bertarung dalam Kurungan" menggambarkan konflik dan ketegangan di dalam negeri pada masa itu, yang diatur oleh kekuatan-kekuatan tak terlihat di balik layar.

Halaman Selanjutnya
img_title