Hati-Hati! Daging Hewan Stres Dapat Mudah Terinfeksi Bakteri dan Membusuk

Ilustrasi Daging Kurban
Sumber :
  • Screenshot berita VivaNews

VIVA Jabar - Daging menjadi salah satu bahan baku makanan favorit bagi masyarakat Indonesia. Daging dapat diolah menjadi beragam jenis masakan, berkuah maupun kering.

Dwinan Marchiawati, Kepala Dinas Subang yang Mengawali Karir Sebagai Dokter

Namun, ada hal penting yang seringpula luput dari perhatian banyak orang. Dimana kualitas daging juga sangat dipengaruhi oleh kondisi awal hewan tersebut. 

Dalam dunia pangan, dimana hewan ternak seperti sapi, ayam, kambing, dan sebagainya akan diolah daging dan bagian tubuh lainnya, harus diperlakukan dengan baik sebelum mereka disembelih.

Azhiera Sebut Kurnia Meiga Bohongi Dokter yang Dikirim Erick Thohir

Cara memperlakukan hewan tersebut diatur dengan ketentuan-ketentuan hukum yang didukung oleh etika dan keilmiahan. Kemudian prinsip-prinsip kesejahteraan hewan diimplementasikan dan dipertanggungjawabkan secara ilmiah.

Ilustrasi Daging Merah

Photo :
  • Screenshot berita VivaNews
Kondisi Olla Ramlan Setelah Heboh Minta Tolong

"Hewan selalu diposisikan sebagai benda dagang, diabaikan sebagai makhluk hidup. Padahal penting bagi kesehatan dan kesejahteraan. Sehingga jika salah urus dapat menimbulkan bencana," ujar Drh R.D. Wiwiek Bagja, Ketua Umum Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia, dalam media briefing bersama Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) di Jakarta, beberapa waktu lalu. 

Dikatakan Dokter Wiwiek, mengurus hewan dengan cara yang salah cenderung dapat menyebabkan hewan tersebut merasa stres. Misalnya, ketika sapi kurban hendak dipotong, ia seharusnya mendapatkan tempat tidur yang nyaman dan makanan yang layak, bukannya diikat berhari-hari hingga kesulitan makan dan bergerak.

Halaman Selanjutnya
img_title