Anies Tanggapi Penanganan KKB di Papua, Anies: "Saya cenderung untuk tidak mengomentari soal KKB"

Bacapres Anies Baswedan
Sumber :
  • screenshoot by Viva

VIVA Jabar Anies Baswedan, seorang bakal calon presiden (capres) yang berasal dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), menganggap bahwa penyelesaian konflik Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua harus dilakukan dengan keseluruhan.

Bawa Hasil Kebun ke Lembur Pakuan, Ratusan Warga Kota Bekasi Desak KDM Nyalon Gubernur Jabar

Hal itu disampaikan Anies saat ditanyai warga dalam acara "Titip Harapan, Millenial Menyampaikan, Anies Baswedan Mengerjakan" di Restaurant Al Jazeerah Polonia, Cipinang, Jakarta Timur, Sabtu, 19 Agustus 203.  

Anies menekankan, untuk menghentikan aksi kriminal KKB di Papua perlu dicarikan solusi damai yang menghadirkan rasa keadilan.

Smiling West Java Academy, Langkah Aktivasi Ruang Publik Di Kantor Disparbud Jabar

“Prinsipnya bahwa kita ingin ada damai dan damai itu bukan ditandai dengan tiadanya konflik kekerasan. Damai itu ditandai dengan semua merasa ada keadilan, di situ ada kedamaian sesungguhnya. Cari jalan keluar yang menimbulkan rasa keadilan lalu konflik itu akan tiada,” kata Anies.

Anies meyakini bahwa ada jalan keluar yang menimbulkan rasa keadilan akan menghilangkan konflik. Dia menyebut solusi ini yang saat ini tengah dituju pemerintah Indonesia.

Pemilu Usai, Anies Baswedan akan Lakukan Ini

"Jadi disebut damai itu bukan karena tidak ada tembak-menembak, tidak ada perseteruan, tidak ada konflik damai itu ditandai dengan hadirnya rasa dari keadilan. Jadi itu yang kita tuju," kata Anies.

Meski begitu, mantan Gubernur DKI Jakarta itu enggan mengomentari lebih jauh ihwal KKB di Papua. Pasalnya, Anies menilai situasi sedang bergulir dan penanganan tengah dilakukan oleh pemerintah.

Halaman Selanjutnya
img_title