Memakan Korban Lagi! KKB Semakin Ganas, Kini 3 Warga Sipil Tewas

KKB di Papua
Sumber :
  • screenshoot by Viva

VIVA Jabar Kekerasan yang dilakukan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) menjadi sorotan karena mereka menyerang dan menembak tiga warga sipil hingga tewas di Kampung Yasoma, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan pada hari Rabu, 16 Agustus 2023. Tragedi ini telah menarik perhatian Amnesty International Indonesia.

Gunung Semeru Erupsi, Warga Diminta Waspada Potensi Hujan Abu

Koordinator Kampanye Amnesty International Indonesia, Zaky Yamani, menyebut tewasnya 3 warga sipil karena ulah KKB itu jadi kabar duka saat bangsa RI tengah merayakan ulang tahun kemerdekaan ke-78. Dia mengatakan, tragedi itu mencuatkan keprihatinan atas kekerasan yang terus terjadi di Tanah Papua dengan berimbas terhadap warga sipil yang tidak bersalah.

Dia bilang, kekerasan yang dilakukan KKB tidak bisa dibenarkan dalam konteks apa pun.

KDM Ungkap Penjual Eksimer Berkedok Jual Minuman Kekinian, Warga Geram Langsung Robohkan Kios

"Penembakan itu tidak saja merupakan sebuah tragedi, namun juga dikhawatirkan akan menghambat proses penyelesaian konflik yang lebih luas secara damai di Papua bila tidak diusut secara tuntas," kata Zaky, dalam keterangannya, Sabtu, 19 Agustus 2023.

Pun, Zaky menyerukan kepada polisi maupun pihak-pihak terkait termasuk Komnas HAM bisa mengusut tuntas kekerasan bersenjata yang membunuh warga sipil. Caranya dengan melalui penyelidikan yang independen. Selain itu, meminta pihak berwenang di Papua untuk meningkatkan perlindungan atas warga sipil.  

Perwakilan Papua dan Sumatera Hadir Lagi, Inilah 18 Klub Peserta Resmi Liga 1 2024-2025

Kemudian, ia meminta lembaga negara yang berwenang, jajaran kepolisian, Komnas HAM, dan pihak terkait bisa mengusut tuntas berbagai masalah HAM di Papua.

"Termasuk perlindungan hak masyarakat adat, pengungsi internal yang dipicu konflik bersenjata di Papua, serta kasus pembunuhan di luar hukum di Papua,” lanjut Zaky.

Halaman Selanjutnya
img_title