Viral! Kritikan Roy Suryo untuk Istana: "Teringat Peristiwa G30S/PKI"

Roy Suryo
Sumber :
  • screenshoot by Viva

VIVA Jabar Perayaan Hari Ulang Tahun ke-78 Republik Indonesia di Istana Negara menampilkan sesi lantunan lagu Rungkad dan joget-joget, yang kemudian menjadi sorotan Roy Suryo. Roy Suryo, yang merupakan mantan Menteri Pemuda dan Olahraga pada masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), menganggap bahwa cara tersebut sebenarnya mencemarkan peringatan Hari Ulang Tahun RI di Istana Negara.

Terbongkar, Roy Suryo Ungkap Script Misterius yang Bikin Suara Partai Lenyap di Sirekap

Roy menjelaskan bahwa lagu Rungkad yang ia ketahui berasal dari Bahasa Jawa. Sejak kecil, ia mengetahui bahwa makna rungkad mirip dengan kata "jebol" atau "ambyar".

"Jadi, memang ada perluasan arti. Tapi, ini dalam bahasa tradisional, apa yang terjadi itu, maksudnya mau benar, tapi tidak benar. Maksudnya mau betul tapi jadi salah," kata Roy dalam Catatan Demokrasi tvOne yang dikutip VIVA pada Rabu, 23 Agustus 2023.

AHY Cuan, Gaji dan Tunjangan Sebagai Menteri ATR Capai Puluhan Juta Rupiah

Dia mengingatkan peringatan HUT RI di Istana itu mesti dilakukan dengan khidmat. Kata Roy, meriah boleh tapi mesti ada tempatnya. Menurut dia, biasanya ada pemisahan tempat serta waktu antara kemeriahan dan peringatannya.

Namun, ia juga mengapresiasi ada sesi rangkaian yang positif dalam peringatan HUT RI di Istana.

Pengamat: Jadi Oposisi di Pemerintahan Prabowo adalah Pilihan Terbaik Bagi PDIP

Upacara HUT RI di Istana Negara

Photo :
  • Screenshot berita VivaNews

"Bagus, ketika ada variasi, ketika dulu-dulu gak ada kereta kencana yang membawa bendera dari Monas ke Istana. Itu modifikasi yang bagus," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
img_title