Kasus Bayi Tertukar di Bogor Akhirnya Terpecahkan, Bayi Tertukar Selama Satu Tahun

Babak Baru Bayi Tertukar, Kini Jalani Tes DNA
Sumber :
  • Viva.co.id

VIVA Jabar Hasil tes DNA yang dilakukan oleh Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Mabes Polri terhadap kedua orang tua dan kedua anak yang sebelumnya tertukar selama satu tahun menunjukkan bahwa dengan tingkat kepercayaan 99,99 persen, anak yang mereka rawat selama ini bukanlah anak kandung mereka.

Dugaan Malpraktik Rumah Sakit di Karawang, Seorang Bayi Meninggal Usai Disuntik Antibiotik

Ibu Siti Mauliah (37) dan suaminya Muhammad Tabrani (53) dengan keluarga Ibu D dan Suaminya H melakukan mediasi di Polres Bogor dihadiri Kementerian PMK dan Kemen PPPA serta KPAI selama tujuh jam.

Mediasi ini juga dihadiri pihak Rumah Sakit Sentosa tempat bayi tertukar selama satu tahun. Mediasi berlangsung cukup lama sejak mereka tiba pukul 15.00. Hingga baru pukul 22.00 atau sekitar 7 jam dua keluarga ini dihadirkan.

Garut Diguncang Gempa M 6,5, Sebabkan Rumah Warga hingga Rumah Sakit Rusak

"Alhamdulillah hari ini dari pukul 15.00 waktu Indonesia barat di tempat Mako Polres Bogor, saya didampingi oleh bapak asisten deputi kemenko PMK, kami didampingi bapak deputi perlindungan anak dari kementrian KPPPA, kemudian di sebelah kanan kami juga telah hadir bapak wakil ketua KPAI, sebelah kiri saya Ka puslabfor Mabes Polri dan di tengah-tengah kami telah hadir orang tua bapak dan ibu keluarga besar dari dua orang putranya," kata Kapolres Bogor AKBP Rio Wahyu Anggoro, Jumat malam, 25 Agustus 2023.

Rio menyampaikan, langkah-langkah yang dilakukan dari mulai penyelidikan, mengumpulkan para saksi-saksi, kemudian melakukan pemeriksaan yang mendalam terhadap rumah sakit dan seluruh perawat dan bidan yang ada pada saat kejadian.

Bayi Prematur di Purwakarta yang Sempat Ditolak RS Meninggal Dunia, KDM Minta Maaf

Langkah tersebut didukung seluruh pihak, terbukti dengan kehadiran dari kementerian yang ada dan komisi Perlindungan Anak Indonesia.

"Tadi kami telah melakukan mediasi telah terjadi kesepakatan berdasarkan hasil dari Laboratorium Forensik, Bareskrim Mabes Polri, Di mana ditemukan memang fix 99,99 persen berdasarkan data yang diberikan oleh Kapuslabfor Bareskrim, bahwa anak tersebut memang tertukar," kata Rio.

Halaman Selanjutnya
img_title