Palsukan Link Bank BNI Hingga Raup Puluhan Juta, Pria ini Diringkus Kepolisian

Dirreskrimsus Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Safiri
Sumber :
  • Viva.co.id

VIVA Jabar - Kasus penipuan dengan berbagai macam modus memang banyak terjadi di Indonesia, salah satunya dengan pemalsuan link Bank. Baru-baru ini,  Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya meringkus seorang pria berinisial AV (25). Dia ditangkap karena menjual link palsu yang menyerupai website resmi bank. 

Link Live Streaming Playoff Olimpiade Paris 2024: Timnas Indonesia U-23 vs Guinea

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Safri mengatakan, pelaku AV ditangkap di kediamannya di Sungai Raya, Kubu Raya, Kalimantan Barat pada Senin, 28 Agustus 2023. Pelaku berhasil meraup untung hingga puluhan juta rupiah dari link palsu. 

"Terdapat link yang diduga phising dengan tampilan seolah-olah sistem dari bank BNI. Ketika mengklik link tersebut, akan diarahkan ke website yang menyerupai website resmi milik bank BNI," ujar Ade Safri dalam keterangannya, Jumat, 1 September 2023.

Siap-siap Nobar! Link Live Streaming Timnas Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23

Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak

Photo :
  • Screenshot berita VivaNews

Ade menjelaskan, pelaku AV membuat sebuah website melalui link phising yang menyerupai website bank. Masyarakat dapat menemukan form pengisian data nasabah melalui website tersebut. 

Seorang Remaja di Subang Ditusuk Gengster hingga Tembus ke Paru- Paru

Adapun link itu dibuat AV sesuai pesanan dari pelaku kejahatan lainnya yang berniat mencuri data nasabah bank. Link itu, kata Ade, dijual pelaku mulai dari harga Rp100 sampai Rp500 ribu.

"Tersangka membuat bot telegram untuk dihubungkan ke website yang telah tersangka buat. Bot telegram dan website itu tersangka berikan ke pembeli yang memesan link phising," katanya.

Halaman Selanjutnya
img_title