Kasus Susanto, Seorang Dokter Gadungan di Surabaya, Bukti IDI Kebobolan?

Susanto sang Dokter Gadungan
Sumber :
  • Viva.co.id

VIVA Jabar - Masyarakat dihebohkan oleh tindakan dokter gadungan bernama Susanto, yang hanya memiliki latar belakang pendidikan SMA. Selama dua tahun, Susanto berhasil berpraktik sebagai dokter gadungan di sebuah rumah sakit di Surabaya, Jawa Timur, dan menerima gaji bulanan serta tunjangan.

Dapatkan Saldo Dana Gratis Rp 800.000 dari Google Hanya dengan Mengisi Survei Sederhana!

Tidak hanya terbatas pada kasus di Surabaya, ternyata pada tahun 2006 Susanto juga melakukan tindakan serupa. Ia bahkan pernah berpura-pura menjadi dokter gadungan spesialis kandungan atau OB/GYN, dan bahkan berencana untuk melakukan operasi di sebuah rumah sakit di Kalimantan sebelum akhirnya dihukum.

Ilustrasi Dokter

Photo :
  • Screenshot berita VivaNews
Dwinan Marchiawati, Kepala Dinas Subang yang Mengawali Karir Sebagai Dokter

Insiden ini tak sedikit membuat publik terheran-heran. Bahkan, tak sedikit yang menduga bahwa Ikatan Dokter Indonesia (IDI) sudah kebobolan. Benarkah?

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dr. Adib Khumaidi, Sp.OT angkat bicara. Menurutnya, proses rekruitmen ini berlangsung secara internal kredensial tanpa melibatkan organisasi profesi.

Azhiera Sebut Kurnia Meiga Bohongi Dokter yang Dikirim Erick Thohir

"Jadi apa yang tadi runtutan cerita beliau ini S mulai dari 2006. 2006 itu regulasi masih baru di UU praktik kedokteran. Dalam proses di UU praktik kedokteran, proses yang berkaitan dengan kredensial di mana memberikan penugasan kepada IDI itu dipertegas dalam Permenkes 205 tahun 2011. Sehingga itu menjadi dasar di setiap proses kredensial atau penerbitan rekomendasi izin praktek itu selalu melibatkan IDI cabang setempat," kata Adib dalam virtual conference, Kamis 14 September 2023.

Diungkap oleh Adib, jika ada seorang dokter yang ingin berpraktek di suatu wilayah atau dokter tersebut mendapatkan penugasan clinical appointment atau clinical privilege, seharusnya dalam proses penerimaan dokter tersebut harus melibatkan organisasi profesi cabang setempat, sehingga bisa mengetahui kredibilitas dari dokter tersebut.

Halaman Selanjutnya
img_title